in: News | May 9, 2018 | by: Friska

Samsung Jelaskan Pemilihan Chipset Berbeda untuk Samsung Galaxy A6 dan A6+

Hari Senin tanggal 7 Mei 2018 kemarin, Samsung Indonesia secara resmi telah merilis dua buah smartphone kelas menengah ke atas yakni Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6+. Walau secara resmi sudah diperkenalkan, Samsung belum memberikan detil lebih lanjut tentang spesifikasi lengkapnya hingga saat ini. Ditemukan bahwa kedua smartphone tersebut akan menggunakan SoC yang berbeda, yakni Exynos 7870 untuk Galaxy A6 dan Qualcomm Snapdragon 450 untuk Galaxy A6+.

Pemilihan SoC yang berbeda ini turut mengundang tanda tanya tersendiri, mengingat Samsung kerap mengandalkan SoC buatannya sendiri, Exynos, setidaknya untuk pasar smartphone Samsung di Tanah Air ini. Dalam media briefing yang diadakan Selasa (8/5), berlokasi di Renaissance Uluwatu, Bali, pihak Samsung Indonesia menjelaskan bahwa pemilihan SoC berbeda ini didasarkan dari arsitektur serta dukungan yang dimiliki oleh kedua belah SoC tersebut.

“Semuanya kembali kepada riset pasar dan kebutuhan dari para pengguna smartphone kami, di mana dari hasil riset tersebut kami menemukan bahwa kebutuhan serta beragam fitur unggulan yang ada pada Galaxy A6 ini sudah mumpuni untuk didukung dengan menggunakan Exynos 7870. SoC ini sendiri sudah memiliki arsitektur 14nm, di mana artinya SoC ini akan mampu mendukung A6 menjadi lebih powerful dan hemat baterai. Dan untuk Snapdragon 450 kami pilih untuk Galaxy A6+ karena SoC ini lebih cocok untuk dipakai oleh smartphone ini terutama dalam mendukung fitur Dual Camera-nya,” jelas Denny Galant, Head of IM Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

Ditambahkan lebih lanjut oleh Jo Semidang, IM Marketing Director untuk Samsung Indonesia, dikatakan bahwa spesifikasi yang mendetil seperti SoC yang digunakan hingga GPU dan lain sebagainya terkadang tidak turut dipertimbangkan terlalu dalam oleh para pengguna smartphone masa kini, terutama generasi milenial.

“Kami membuat dan mendesain smartphone sesuai dengan kebutuhan pasar dan tren apa yang tengah berjalan saat ini, dari situ kami pun mengembangkan secara total sebuah smartphone yang tak hanya kaya akan fitur unggulan, tetapi juga memiliki desain yang bergaya untuk mereka yang mencari smartphone sebagai alat lifestyle modern masa kini.”

: ,

COMMENTS