in: News | June 4, 2018 | by: Irham

ARM Siap Untuk AI dan Machine Learning di Masa Mendatang

Produsen microchip dan semi conductor ternama, yaitu ARM turut meramaikan ajang Computex 2018. Dalam event ini ARM banyak membahas mengenai kesiapan mereka menghadapi teknologi AI dan Machine Leaning di waktu mendatang. ARM juga kembali menampilkan produk yang baru mereka rilis pekan lalu, antara lain CPU Cortex A76, GPU Mali-G76 dan juga VPU V76.

Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, CPU Cortex A76 memiliki peningkatan performa 35%, efisiensi daya 40% dan peningkatan Machine Learning 4x lipat dari generasi sebelumnya yaitu Cortex A75. Sementara GPU Mali-G76 memiliki peningkatan 30%, efisiensi daya 30% dan peningkatan ML sebesar 2,7x lipat dari pada generasi sebelumnya yaitu Mali G72. Dan yang terakhir adalah VPU Mal-V76 kini telah memiliki kemampuan yang mendukung pengalaman visual 8K60.

Selain itu ARM juga memperkenalkan Project Trilium. Project Trilum ini adalah eksositem yang dibangun berdasarkan produk-produk ARM yang saat ini juga telah mengalami peningkatan kemampuan dari segi AI dan ML. Project Trilium diluncurkan oleh ARM untuk menjawab kebutuhan akan inovasi dalam teknologi kecerdasan buatan yang saat ini semakin meningkat.

“Penggunaan AI ke terkini menempatkan persyaratan peningkatan inovasi untuk komputasi tinggi dan tetap menjaga efisiensi daya. Untuk memenuhi permintaan ini, ARM mengumumkan Platform ML baru, Project Trilium,” kata Rene Haas, Presiden IP Products Group ARM.

Peningkatan lainnya untuk teknologi AI dimasa mendatang dari ARM adalah impelentasi terbaru dari teknolgi DynamIQ, dimana teknologi ini akan memungkinkan untuk pembuat SoC menentukan inti prosesor tertentu yang bekerja lebih untuk kebutuhan AI dan ML. DynamIQ sendiri merupakan pengembangan dari teknologi ARM big.LITTLE yang memungkinkan pembuat SoC untuk menentukan prosesor khusus performa dan khusus efisiensi daya. DynamIQ jauh lebih fleksibel dalam hal pemisahan cluster dibandingkan teknologi big.LITTLE.

Tentunya ARM juga tetap meningkatkan sistem keamanan yang dapat menjamin sekuritas dari semua teknologi yang digunakan. Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya akan meninggalkan pekerjaan rumah akan celah keamanan yang harus ditutupi. Dalam hal ini ARM juge sudah memiliki PSA (Platfrom Security Architecture). PSA menyediakan standar sistem keamanan dari semua lini mulai dari pengembang chipset hingga produsen perangkat teknologi untuk mengimplementasikan sistem sekuritas yang saling terintegerasi.

: ,

COMMENTS