in: News | June 15, 2018 | by: Tim Jagat Review

Google Gunakan In-Device AI untuk Tingkatkan Akurasi Google Translate

Google Translate telah digunakan oleh banyak pengguna Internet untuk menerjemahkan kata dan kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain. Awalnya, Google Translate memang masih belum terlalu baik dalam menerjemahkan kalimat. Namun, perlahan-lahan, kemampuannya meningkat sehingga menghasilkan terjemahan kalimat yang lebih baik.

Ingin mengembangkan Google Translate lebih jauh lagi, Google menghadirkan fitur AI dengan nama Neural Machine Translation (NMT) ke dalam aplikasi tersebut. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi yang ingin menerjemahkan kalimat atau paragraf yang panjang, karena Google Translate akan langsung menerjemahkan per kalimat/paragraf dan akan membandingkan dengan konteks yang lebih luas. Hal ini diharapkan menghasilkan hasil terjemahan yang lebih murah dibaca dan waktu penerjemahan yang lebih singkat.

Sebelumnya fitur NMT ini hanya tersedia pada Google Translate untuk versi web dan versi online dari aplikasi. Namun, kini NMT juga hadir untuk terjemahan offline, sehingga kemampuannya akan bisa dirasakan walaupun perangkat tidak terhubung ke Internet. Fitur ini akan menggunakan kapabilitas in-device AI yang memang sudah makin banyak diterapkan oleh produsen smartphone.

Untuk menggunakan fitur terbaru ini, Anda bisa mengaksesnya melalui menu pengaturan dan pilih opsi terjemahan offline. Akan ada pemberitahuan terkait update untuk file bahasa yang telah di-download untuk terjemahan offline. Update itu tentu saja akan menghadirkan kapabilitas NMT ini, sehingga diharapkan hasil terjemahan offline pun akan lebih baik lagi.

:

COMMENTS