in: News | June 24, 2018 | by: Tim Jagat Review

Samsung Rancang GPU Sendiri untuk Exynos?

Samsung selama ini menggunakan SoC besutan mereka sendiri untuk beberapa smartphone mereka, yang disebut sebagai Exynos. Bahkan, untuk SoC kelas atas, mereka juga menggunakan custom core mereka sendiri, yang disebut sebagai Mongoose, yang diharapkan bisa menghadirkan performa yang bisa membawa mereka untuk bersaing di jajaran SoC kelas atas. Ke depan, perusahaan asal Korea Selatan itu mungkin saja juga akan menghadirkan GPU besutan mereka sendiri untuk SoC Exynos ini.

Niat Samsung merancang GPU sendiri untuk SoC Exynos terbaca dari lowongan pekerjaan yang mereka buka. Lowongan tersebut dibuka di LinkedIn, yang memang merupakan jejaring sosial untuk pencarian kerja dan sejenisnya. Samsung menyebutkan bahwa mereka mencari GPU Engineer untuk SoC berbasis ARM.

Sebelumnya, Samsung memang pernah dikabarkan akan menjalin kerja sama dengan AMD atau NVIDIA untuk GPU di SoC Exynos. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan Samsung terhadap ARM. Saat ini, SoC Exynos masih menggunakan GPU Mali yang merupakan kreasi dari ARM, bahkan hingga di Exynos 9810 yang digunakan di Samsung Galaxy S9/S9+ sekalipun.

Sayangnya, Samsung masih belum menyebutkan secara detail GPU seperti apa yang akan mereka kembangkan, apakah untuk kelas atas atau kelas menengah. Kemungkinan besar, sesuai prediksi beberapa pihak, Samsung akan menghadirkan GPU kreasi mereka terlebih dahulu di SoC kelas menengah. Hal itu dimaksudkan agar GPU mereka matang terlebih dahulu, termasuk dari sisi dukungan developer, sebelum digunakan untuk memperkuat produk kelas atas mereka.

: ,

COMMENTS