in: News | June 25, 2018 | by: Tim Jagat Review

TSMC Mulai Siapkan Fabrikasi Chip 5 nm!

Produsen chip dari Taiwan, TSMC, dikabarkan telah menyiapkan produksi chip 5 nm mereka. Fabrikasi 5 nm itu mulai disiapkan di pertengahan tahun 2018 ini dengan tujuan agar siap digunakan untuk produksi chip 5 nm perdana mereka tahun 2019 atau paling lambat awal tahun 2020 mendatang. Perusahaan tersebut juga mulai meningkatkan investasi mereka untuk pengembangan fabrikasi 5 nm ini.

Sembari menunggu fabrikasi 5 nm siap, saat ini TSMC sudah mulai memproduksi chip dengan fabrikasi 7 nm untuk kebutuhan komersil. Mereka telah memproduksi wafer silikon 12 inco dengan fabrikasi 7 nm ini dengan tingkat produksi yang terbilang baik untuk tahap awal. Nantinya, fabrikasi 7 nm ini akan digunakan beberapa pelanggan TSMC untuk produksi chip mereka, termasuk untuk CPU, GPU, hingga chip untuk 5G.

Fabrikasi 7 nm TSMC ini juga sudah dinantikan oleh banyak pihak, karena menjanjikan peningkatan dibandingkan dengan fabrikasi 16 nm, 14 nm, dan bahkan 10 nm. Salah satu raksasa GPU dunia, NVIDIA, disebut sengaja melompati fabrikasi 10 nm demi mengejar optimasi untuk fabrikasi 7 nm ini. TSMC juga mengumumkan beberapa perusahaan ternama lain yang sudah memesan chip di lini produksi 7 nm mereka, termasuk AMD, Qualcomm, Mediatek, Apple, dan NVIDIA.

Terkait lini produksi 7 nm ini, TSMC tentu saja akan berusaha memperkuat lini tersebut salah satunya adalah dengan meningkatkan kapasitas produksinya. Selain itu, mereka juga mengembangkan fabrikasi 7 nm+ dengan EUV, yang akan menghadirkan efisiensi produksi yang lebih baik lagi. Sayangnya, belum disebutkan kapan fabrikasi 7 nm+ ini akan siap menghasilkan chip.

:

COMMENTS