in: News | July 6, 2018 | by: Dedy Irvan

Huawei akan Luncurkan Smartphone Gaming Tahun Ini dan Perkenalkan GPU Turbo

Di Shenzhen, China, pada tanggal 5 Juli 2018, kami berkesempatan membahas beberapa tren terkini dengan pihak Huawei secara langsung. Saat kami menanyakan mengenai tanggapan Huawei terhadap tren mobile gaming yang meningkat, jawabannya cukup mengejutkan. Jim Xu, Presiden Huawei Consumer Business Group, mengungkap bahwa Huawei sangat serius dalam menanggapi tren mobile gaming ini. Ada dua hal yang dapat diungkap mengenai ini.

GPU Turbo: upgrade untuk smartphone Huawei yang sudah ada

Jim Xu, mengungkap bahwa kemampuan GPU adalah hal yang sangat penting untuk moble gaming yang serius. Hal ini yang menyebabkan Huawei menciptakan GPU Turbo. Ini adalah pengembangan dari sisi software, tapi terkait ke hardware GPU.

GPU turbo dijanjikan dapat menawarkan peningkatan performa gaming 60% sembari menurunkan konsumsi daya sebesar 30%. Penurunan konsumsi daya ini kami asumsikan adalah konsumsi daya saat bermain game. Pihak Huawei tidak mengungkap lebih jauh, mekanisme apa yang diciptakan untuk mencapai performa setinggi ini. Hanya saja, berdasarkan pengalaman kami, bisa jadi peningkatan yang dilakukan ini terkait dengan resolusi layar dan optimalisasi prioritas CPU/GPU ke arah game. Selama ini, kita sudah melihat bahwa smartphone dengan resolusi layar lebih rendah bisa terbantu performa gaming-nya.

Hal menarik lainnya adalah GPU Turbo ini rencananya akan menjadi update bagi smartphone Huawei yang sudah ada. Saat tulisan ini dibuat, kami belum sempat mencobanya. Akan tetapi, ini seharusnya akan membuat smartphone yang sudah beredar bisa menikmati peningkatan kemampuan gaming. Menarik, bukan?

 

Smartpone Gaming dari Huawei

Dalam pembahasan mengenai mobile gaming ini, Jim Xu pun menyibaj mengenai keberadaan smartphone gaming Huawei. Beliau mengungkap bahwa merancang smartphone khusus gaming itu tidak mudah. Akan tetapi, tahun ini Huawei akan meluncurkan smartphone-nya yang berorientasi ke gaming. Jim Xu menjanjikan bahwa smartphone gaming ini akan hadir dengan konsep yang agak berbeda namun sangat cocok untuk gaming.

Mengingat strategi Huawei di Indonesia adalah mulai mendorong smartphone kelas flagship, bukan tidak mungkin, smartphone gaming ini bisa hadir di Indonesia.

: , ,

COMMENTS