in: News | July 8, 2018 | by: Tim Jagat Review

iPhone Generasi Baru Bakal Gunakan Chip Modem 5G dari MediaTek

iPhone yang merupakan smartphone andalan Apple diketahui menggunakan komponen SoC (System on Chip) rancangan Apple sendiri. Dengan menggunakan CPU arsitektur ARM yang dimodifikasi, serta arsitektur GPU rancangan sendiri, membuat SoC rancangan Apple tersebut mampu menawarkan performa yang andal. Bahkan mengungguli SoC yang ada pada chip smartphone Android lainya.

Walau merancang SoC sendiri, namun ternyata Apple tidak turut dalam merancang komponen chipset modem yang ada di dalam SoC. Komponen chipset modem yang terdapat dalam iPhone menggunakan komponen chipset dari Intel dan Qualcomm.

Namun kabar terbaru menyebutkan, Apple saat ini tengah memikirkan untuk mendesain chip modem 5G untuk iPhone generasi selanjutnya. Hal tersebut dilakukan Apple akibat keputusan Intel yang membatalkan proyek chip modem 5G untuk iPhone dan memindahkan sebagian staff ke divisi lain. Meski demikian, erwakilan Intel kepada Extremetech menyebutkan, roadmap chipset modem 5G tidak akan berubah hingga tahun 2020.

Mediatek akan Jadi Penyedia Sementara Chip Modem 5G

Kabar lainya menyebutkan, MediaTek dikabarkan akan mengisi kekosongan sampai target chipset modem rancangan Apple dibuat. MediaTek akan menjadi supplier untuk chipset modem 5G untuk iPhone yang dibuat tahun 2019-2020.

Hal ini selaras dengan berita sebelumnya yang menyebutkan bahwa MediaTek menghadirkan fokus utama dan lebih besar untuk chipset modem 5G yang akan dirilis pada tahun 2019 mendatang.

: , , , ,

COMMENTS