in: Featured - News - Reviews | July 16, 2018 | by: Irham

Review Redmi S2: Pengisi Celah Smartphone Selfie Rp 2 Jutaan

Di bulan Mei lalu, Xiaomi meluncurkan Redmi S2 dimana perangkat ini merupakan selfie smartphone pertama dari Xiaomi yang menyasar kelas menengah kebawah. Dibanderol dengan harga Rp. 2.399.000, Redmi S2 tidak seperti beberapa smartphone Xiaomi lain yang selalu hadir dengan harga yang bombastis dan menjadi incaran konsumen. Redmi S2 tidak begitu banyak terekspos dan jadi bahan pembicaraan warga net, bahkan mungkin dari para MiFans sendiri. Apalagi perangkat ini diluncurkan tak lama berselang setelah produk Redmi Note 5 diluncurkan, agak wajar jika Redmi S2 sedikit tenggelam oleh line up Xiaomi tersebut yang diincar banyak orang.

Namun tentunya kita juga cukup penasaran seperti apa sesungguhnya kemampuan dari Redmi S2. Apakah smartphone selfie  pertama dari Xiaomi ini cukup layak untuk diperhitungkan? Untuk lebih lengkapnya simak ulasan

Desain

Secara desain, Redmi S2 juga terlihat sedikit berbeda dari seri Redmi lainnya. Dimana perangkat ini mengusung material metalik dengan body yang tampak datar dan lebar pada bagian belakang serta bertepi bulat meruncing di bagian sisinya. Terdapat aksen dua buah strip pada sisi sudut bagian atas dan bawah, cukup membuat perangkat ini terlihat lebih bergaya.

Redmi S2 tentunya juga sudah menggunakan desain layar dengan rasio fullview 18:9 dan ukuran 6 inci. Namun bezel perangkat masih terlihat agak tebal di bagian atas dan bawah. Padahal tombol navigasinya pun juga sudah diletakan pada bagian dalam layar.

Untuk varian berwarna gold ini, pada panel depan memiliki bezel berwarna putih. Entah kenapa kami merasa paduan warna ini sudah terlalu mainstream, dan membuat smartphone ini jadi terlihat biasa saja jika dilihat dari penampang bagian depan. Akan lebih menarik jika bezel bagian depan juga memiliki warna yang sama dengan bagian belakang yaitu emas.

Perangkat ini memiliki ukuran body secara presisi yaitu 160.7 x 77.3  dengan ketebalan 8.1 mm, tidak begitu tebal terasa dalam genggaman namun perangkat ini terasa memiliki bobot yang besar. Redmi S2 memiliki bobot sebesar 170 gram.

Modul kamera berposisi vertikal dengan lampu flash di bagian tengan berada di pojok atas, dan fingerprint berada dibagian tengah. Tiga varian warna yang ditawarkan yaitu Rose gold, Gold dan Dark grey. Varian warna gold yang ditawarkan untuk Redmi S2 juga tidak terlihat “kuning” seperti biasanya.

Dibagian sisi kanan terdapat tombol power dan juga tombol volume, sedangkan di sisi bagian kiri terdapat tray SIMcard. Disisi bagian bawah terdapat slot microUSB untuk kebutuhan pengisian daya dan juga transfer data sedangkan di bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm untuk headset serta sensor IR blaster.

Spesifikasi

Beralih ke bagian spesifikasi, sebenarnya Redmi S2 cukup membawa spesifikasi yang sebenarnya cukup menarik. Dimana perangkat ini telah menggunakan layar 6 inci dengan resolusi HD+ serta mengusung SoC Snapdragon 625. Untuk RAM dan internal storage, pada perangkat yang kami uji menggunakan 3GB RAM serta internal storage 32 GB.

Dari sisi kamera juga diatas kertas memiliki kemiripan dimana kamera utama yang diusung yaitu dual sensor dengan sensor utama 12MP f/2.2, 1.25μm, PDAF). Sedangkan sensor sekunder untuk mengukur kedalaman menggunakan sensor yang lebih kecil yaitu 5 MP. Tapi di bagian kamera depan yang menjadi keunggulan produk ini sebagai smartphone selfie, membawa sensor yang lebih besar yaitu 16MP.

Sensor yang ada pada Redmi S2 pun cukup lengkap mulai dari accelerometer, ambience light, compas, proximity, hingga gyroscope telah tersedia. Ditambah lagi IR blaster yang menjadi andalan di setiap produk Xiaomi.

Redmi S2 memiliki triple slot pada tray SIM card dimana dua slot SIM dengan tipe nano dan juga satu slot MicroSD untuk penyimpanan tambahan. Tentunya perangkat ini telah mendukung semua jaringan 4G di tanah air. Namun untuk konektivitas Wi-Fi sayangnya perangkat ini belum mendukung jaringan wi-fi 5G.

Kapasitas baterai yang ditawarkan tidak begitu besar jika melihat ukuran layarnya yang besar, yaitu hanya 3080mAh. Namun hal tersebut tentu belum menjadi ukuran pasti apakah smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang cukup baik atau tidak. Pengujian lebih lengkap akan dibahas di halaman berikutnya.

Dari sisi kelengkapan box, seperti kebanyakan produk Xiaomi lainnya Redmi S2 juga masih belum di lengkapi dengan unit headset. Adapun isi paket penjualan dari Redmi S2 antara lain adaptor charger, kabel USB, buku panduan dan kartu garansi, serta juga silicon jelly.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS