in: Reviews | July 9, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Honor View 10

Setelah akhirnya lepas dari Huawei dan berdiri sendiri, Honor kembali memperkenalkan tiga buah smartphone terbarunya yang bervariasi dari smartphone kelas menengah hingga kelas high-end. Untuk kelas high-end, tentunya dengan spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap dari dua smartphone lainnya, Honor telah resmi memperkenalkan Honor View 10 yang rilis sejak bulan April 2018 kemarin.

Berspesifikasi lebih tinggi dan kaya akan fitur, Honor View 10 ini mengusung SoC HiSilicon Kirin 970 yang merupakan salah satu SoC Kirin tertinggi yang hadir resmi untuk pasar di Indonesia. Selain itu, Honor View 10 juga memiliki layar penuh dan tak ketinggalan, kamera ganda untuk memaksimalkan kualitas hasil foto yang ditangkapnya. Seperti biasa, kami akan membahas Honor View 10 ini dengan lebih detil lewat artikel review kali ini.

Desain dan Spesifikasi

Honor View 10 hadir dengan penampilan dan desain yang hampir mirip seperti yang dimiliki oleh Huawei Mate 10. Bagian layar depan berukuran 5.99 inch memiliki bezel yang sangat tipis dan layar penuh (Full View) berasio 18:9, screen-to-body ratio sekitar 78,6%, resolusi 1080 x 2160 pixel FHD+. Layaknya sebuah smartphone dengan layar penuh, walau memiliki ukuran layar besar hampir 6 inch, dimensi keseluruhan dari smartphone ini sendiri tidak terlalu besar di 157 x 75 x 7 mm, yang merupakan ukuran standar untuk smartphone layar 5,5 inch.

Smartphone ini memiliki desain yang ergonomis dan tipis, namun tetap kokoh ketika digenggam. Bodi belakangnya memiliki matte finishing sehingga walaupun tidak nampak berkilau atau glossy, bodi dari Honor View 10 ini tetap terlihat anggun dan memiliki kesan mewah. Sayangnya, bodi belakang mudah tercetak bekas jejak jari saat digunakan, sehingga disarankan untuk menggunakan soft case bawaan paket jika ingin bodi belakangnya tetap bersih dari bercak jari.

Dengan memiliki layar penuh dan bezel yang tipis, Honor View 10 memiliki dua opsi untuk tombol kontrol utamanya. Pengguna bisa memilih untuk menaruh tombol operasi utama sebagai on-screen buttons yang akan memakan sebagian kecil layar, atau mengaktifkan fungsi One Navigation Button yang memberikan kelegaan pada layar utama sehingga pengguna bisa mengontrol smartphone dengan tombol fisik utama yang terletak di bagian permukaan bawah smartphone. Seperti di beberapa smartphone Huawei kelas premium lainnya, tombol fisik yang sama juga bisa berfungsi sebagai sensor Fingerprint untuk mengunci atau membuka menu utama dari smartphone.

Tombol fisik lainnya terletak di sisi kanan smartphone, di mana tombol yang diberikan adalah tombol untuk mengatur volume dan tombol power. Sementara di sisi kanan, merupakan posisi slot untuk tray SIM/microSD card. Sayangnya, tray yang digunakan untuk Honor View 10 ini adalah tipe hybrid, sehingga pengguna harus mengorbankan satu tray untuk diisi oleh SIM card kedua atau microSD card. Slot SIM card ini bisa diisi untuk jenis Nano SIM.

Untuk bagian sisi bawah smartphone, merupakan slot untuk speaker utama, jack audio 3.5mm, dan port microUSB yang berfungsi untuk mengisian ulang baterai atau transfer data/file.

Kameranya sendiri terdiri dari dua buah kamera utama yang terletak di bagian belakang smartphone, berjejer rapi dengan LED flash bertempat di sebelahnya. Sementara kamera depan terletak di bagian permukaan atas smartphone, bersebelahan dengan speaker receiver.

Dapur pacu utama dari Honor View 10 ini terdiri dari SoC HiSilicon Kirin 970 Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G72 MP12, RAM 6 GB dan kapasitas storage internal 128 GB yang masih bisa ditambahkan hingga 256 GB dengan microSD card untuk kapasitas storage yang jauh lebih besar lagi. Fabrikasi 10nm yang dimiliki oleh Kirin 970 ini tentunya juga akan lebih baik dalam manajemen daya tahan baterai smartphone. Dengan spesifikasi utama yang tergolong tinggi ini, maka bisa diharapkan bahwa Honow View 10 ini akan memiliki performa secara keseluruhan lebih tinggi juga. Mengenai performa dan perbandingan dengan smartphone lain, akan kami bahas lebih lanjut lagi di dalam artikel ini.

Kamera ganda untuk kamera utamanya yang digunakan pada Honow View 10 ini menggunakan sensor kamera RGB 16 megapixel + kamera monokrom 20 megapixel, dengan bukaan f/1.8. Penggunaan kamera ganda RBG + monokrom ini hampir mirip dengan yang dimiliki oleh Huawei P9 dan seterusnya, di mana setup kamera ini akan memungkinkan pengguna bermain-main dengan detil warna dan monokrom untuk hasil foto hitam putih (B/W) yang lebih maksimal. Pembahasan kamera utama ini akan kami lengkapi lagi pada bagian pembahasan kamera di artikel ini juga.

Untuk kamera depan atau selfie, Honor View 10 menggunakan sensor beresolusi 13 megapixel dengan bukaan f/2.0, dan telah dilengkapi dengan beragam fitur lainnya seperti misalnya fitur efek Bokeh.

Kelengkapan lainnya yang terdapat pada Honor View 10 ini adalah konektivitas dual LTE/VoLTE serta dual 4G untuk slot SIM1 dan SIM2-nya, Bluetooth v4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot, Infrared, GPS, dan hingga NFC. Selain sensor Fingerprint, Honor View 10 juga memiliki sejumlah sensor lainnya yang cukup standar tetapi lengkap, seperti misalnya sensor accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Honor View 10, karena masih merupakan “anak” perusahaan dari Huawei, memiliki EMUI versi 8.0 sebagai sistem utamanya yang memiliki basis Android 8.0 “Oreo”. Untuk besar baterainya, Honor View 10 memiliki kapasitas 3750mAh yang telah dilengkapi dengan fitur Honor SuperCharge (5V/4,5A) untuk pengisian ulang lebih cepat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS