in: Reviews | July 9, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Honor View 10

Kamera

Kamera utama dari Honor View 10 ini menggunakan dua buah sensor kamera, di mana masing-masing merupakan sensor kamera warna (RGB) resolusi 16 megapixel dan sensor kamera hitam putih (monokrom) beresolusi 20 megapixel. Setup kamera ganda yang sama ini bisa ditemukan pada smartphone Huawei P9 ke atas atau Mate 10 yang turut menggunakan setup dua kamera dengan sensor warna dan hitam putih. Namun memang sayangnya, kamera utama pada Honor View 10 ini sendiri tidak memiliki sertifikasi Leica dan belum dioptimalkan secara stabil dan maksimal, sehingga performanya tidak akan semaksimal milik Huawei seri P maupun Mate 10 tersebut. Namun, performa kamera Honor View 10 ini sendiri harus diakui melebihi rata-rata dari kualitas kamera smartphone kelas yang sejenis.

Secara penggunaan, kamera utama dari Honor View 10 ini sangat nyaman dan menyenangkan untuk digunakan. Selain karena kecepatan shutter dalam mengambil foto, terutama ketika pencahayaannya terang, kamera utamanya memiliki beragam jenis fitur dan mode yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk bermain-main dengan foto yang hendak diambilnya. Walau memiliki mode HDR bahkan Night tersendiri untuk menangkap kontras foto yang lebih baik, kamera dalam mode Auto sendiri juga seolah memiliki fitur HDR tersembunyi sehingga fokus dan kontras gelap terang foto masih mumpuni. Tentu saja, pengguna akan butuh mengatur sendiri mode atau pengaturan kamera dalam mode Pro jika ingin memiliki hasil foto yang lebih maksimal seperti kamera digital. Mode Night Shot juga turut diberikan pada smartphone ini, tetapi berbeda dengan Huawei P20 Pro yang tidak membutuhkan waktu lama dalam mengambil gambar, Honor View 10 membutuhkan setidaknya 18 detik ketika mengambil foto dalam Night Mode. Karena lamanya waktu pengambilan, sangat disarankan pengguna untuk menggunakan stabilizer atau tripod agar hasil foto tidak goyang.

 

Membenamkan kamera dengan teknologi AI, Honor View 10 ini mampu secara otomatis mendeteksi obyek foto yang tengah difokuskan, misalnya foto makanan atau foto wajah, sehingga kamera akan bekerja lebih baik dalam mengambil foto obyek tersebut dan memberikan hasil foto dengan warna dan tingkat keterangan yang juga lebih maksimal tanpa harus susah payah mengganti mode maupun mengatur mode kamera secara manual. Dan seperti layaknya kamera ganda masa kini, Honor View 10 turut memberikan mode Depth in Field atau efek bokeh yang bisa dinyalakan atau dimatikan ketika menggunakan kamera belakang tersebut.

Sayangnya, terkadang efek bokeh yang dihasilkan, terutama jika obyek fotonya adalah foto wajah seseorang, tingkat “blur” sekeliling obyek foto seringkali berlebihan sehingga terlihat jelas helaian rambut atau pinggiran rambut dari obyek diburamkan total namun kurang rapi. Hal yang sama juga terjadi pada foto dengan kamera depan, di mana kamera depannya memang hanya menggunakan satu sensor beresolusi 13 megapixel, dan foto mode portrait yang sekaligus mengaktifkan efek bokeh akan terlihat masih kurang rapi terutama pada bagian pinggiran rambut. Sebaliknya, jika mode portrait atau efek bokeh tidak dinyalakan ketika hendak memotret obyek orang, baik kamera depan maupun belakang memiliki potensi yang lebih baik dalam menghasilkan foto obyek orang berkualitas.

Secara umum, kamera selfie Honor View 10 ini mampu menghasilkan foto selfie yang baik. Walau mungkin hasil foto yang didapatkan tidak bisa memberikan detil yang sangat maksimal, terlebih jika mengaktifkan mode Portrait bersamaan dengan Beauty, namun kamera depan masih mumpuni untuk memperlihatkan beberapa detil kecil di dalam fotonya, seperti misalnya detil rambut hingga pola pakaian.

Baterai

Jika Anda mengikuti beberapa review gadget kami belakangan ini, pastinya mengetahui bahwa kami memiliki standar baru dalam melakukan pengetesan baterai. Benar sekali, alih-alih bergantung kepada aplikasi benchmark PCMark Work Battery Test, kini kami menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Honor View 10 dapat bertahan selama 14 jam 22 menit.

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Honor View 10 dapat bertahan hingga 10 jam 46 menit.

Baterai yang dimiliki oleh Honor View 10 tergolong cukup besar di kapasitas 3750mAh, serta telah dilengkapi dengan fitur Honor SuperCharge (5V/4,5A) untuk pengisian ulang yang lebih cepat. Dengan menggunakan kabel bawaan paket, Honor View 10 membutuhkan 1 jam 51 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali. Pengisian ulang baterai ini termasuk salah satu yang tercepat yang pernah kami uji hingga saat ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS