in: News | July 25, 2018 | by: Tim Jagat Review

Sony Rilis Sensor Kamera 48MP untuk Smartphone

Sony selama ini dikenal sebagai produsen sensor kamera yang digunakan oleh banyak vendor smartphone dan beberapa di antaranya termasuk vendor yang cukup ternama seperti Apple, Xiaomi dan ASUS.

Sebagai produsen sensor kamera ternama, Sony tampaknya ingin menambah portofolio produknya dengan merilis sensor kamera terbaru. Sensor yang diberi nama Sony IMX586 kabarnya telah mendukung resolusi 48 megapiksel yang mana diklaim telah mendukung pengambilan foto dengan resolusi hingga 8000×6000 piksel dan video dengan resolusi 4K(4096×2160) @30 FPS. Sensor Sony IMX586 juga kabarnya telah mendukung pengambilan mode HDR.

Sony menghadirkan teknologi yang memungkinkan untuk menghasilkan ukuran piksel sebesar 0.8 micron, sehingga mampu membuat sensor kamera 48MP memiliki ukuran yang kompak dengan diagonal 8.0mm. Dengan begitu, sensor terbaru Sony ini diklaim cocok untuk digunakan di perangkat smartphone. 

Kamera konvensional (12MP) vs Sony IMX586 (48MP)

 

Dengan ukuran yang lebih kompak, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih baik saat  zoom, dibandingkan dengan teknologi konvensional. Sony IMX586 hadir dengan beragam fitur dan teknologi untuk meningkatkan kualitas gambar seperti teknologi exposure control, signal processing dan quad bayer color yang mampu meningkatkan sensitivitas, terutama dalam kondisi kurang cahaya, menghasilkan foto yang terang dan minim noise.

Sebelumnya kamera dengan resolusi besar ini hanya ditemui di beberapa smartphone, seperti Lumia 1020 dengan 41MP dan  Huawei P20 Pro yang belum lama ini kami review dengan triple camera, yang mana salah satunya menghadirkan kamera 40MP. Diprediksikan bahwa ke depanya nanti smartphone dengan kamera beresolusi tinggi akan hadir lebih banyak lagi.

: ,

COMMENTS