in: Reviews | August 9, 2018 | by: Irham

Review Samsung Galaxy J7 Duo: Kamera Bagus, Desain Lawas

Di meja review kami, kami kembali berhadapan dengan smartphone kelas menengah kebawah  terbaru dari Samsung yaitu Galaxy J7 Duo. Selama ini kami belum merasa terkesan dengan seri smartphone Galaxy Samsung kelas bawah. Entah mengapa, kelas menengah ke bawah yang dimiliki Samsung masih saja kurang kompetitif. Apalagi secara spesifikasi dan harga yang ditawarkan, dibandingkan brand-brand lain di kelas harga yang sama. Lain halnya dengan produk kelas flagship mereka yang selalu diatas angin, fitur, harga dan spesifikasinya selalu jadi jawara.

Galaxy J7 Duo hadir dengan keunggulan dual kamera dan ditujukan untuk menyasar segmen anak muda masa kini. Lalu apakah Galaxy J7 Duo bisa memuaskan ekspektasi kami? Atau kembali memberi kesan yang sama sebagai perangkat smartphone yang masih kurang bersaing? simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Dari awal kami akan langsung menyatakan kecewa dengan desain dari Galaxy J7 Duo. Jujur saja perangkat ini terlihat ketinggalan jaman karena masih menggunakan layar dengan rasio 16:9 disaat smartphone lain bahkan dari brand lokal sudah menghadirkan smartphone dengan layar lebar rasio 18:9. Meskipun secara built quality perangkat ini terlihat sangat kokoh. Penampang depan dilapisi dengan kaca pelindung 2,5D. Galaxy J7 Duo memiliki frame dengan material metal, sementara body bagian belakang memiliki material polycarbonate dengan konsep non unibody. Pengguna bisa membuka bagian belakang untuk memasang baterai, kartu SIM serta memory card.

Bagian bezel Galaxy J7 Duo juga masih terlihat tebal, ditambah lagi dengan navigasi yang berada di luar layar. Tombol home dan fingerprint terletak di bagian tengah, diapit dengan tombol back dan recent seperti smartphone Galaxy lawas pada umumnya. Kecuali bagi pengguna yang secara fungsional senang dengan fingerprint dibagian depan, secara desain smartphone ini secara estetika benar-benar jauh dari tren terkini smartphone jaman sekarang. Tombol power terletak di bagian sisi kanan sedangkan tombol volume terletak di sisi bagian kiri. Di bagian bawah terdapat lubang jack 3,5mm, dan slot MicroUSB untuk pengisian daya.

Body perangakat tidak terlalu tebal, secara persisi dimensinya 153.5mm x 77.2 mm dengan ketebalan 8.2 mm. Bobotnya yaitu sekitar 174g yang membuatnya terasa kokoh saat digenggap. Mengintip ke bagian belakang saat cover dibuka, terdapat baterai removable, dua slot SIMCard serta satu slot MicroSD. Kamera dengan dua sensor terpasang dengan posisi vertikal yang diapit dengan lampu LED Flash serta speaker.

Tidak banyak hal yang menarik dibahas dari Galaxy J7 Duo dari segi desain, apalagi dengan desain yang terbilang lawas yang diusungnya. Lalu bagaimana dari sisi spesifikasi?

Spesifikasi

Perangkat ini memiliki spesifikasi antara lain yaitu layar SuperAMOLED 5,5 inci dengan resolusi HD, namun masih menggunakan rasio 16:9. Ini yang membuat Galaxy J7 Duo terlihat agak ketinggalan jaman jika dibandingkan dengan smartphone lain yang telah mengusung layar lebar dengan rasio 18:9. Namun sedikit menjadi kelebihan karena perangkat ini akan lebih hemat daya, terutama juga karena resolusi yang digunakan pun masih sebatas HD.

Untuk SoC, Galaxy J7 Duo dipersenjatai dengan SoC kelas menengah terbaru dari Samsung yaitu Exynos 7885 (Octa-Core 1,6GHz), dimana ini adalah sensor yang sama dengan saudaranya dari seri Galaxy A yaitu Galaxy A8. Kami cukup senang, kini Samsung mulai menggunakan seri SoC menengah keatas mereka di seri J yang notabene merupakan seri menengah kebawah mereka. SoC ini, berdasarkan pengalaman kami merupakan salah satu SoC paling hemat daya, dan performanya juga cukup mumpuni. Untuk harga kelas 3 jutaan seperti Galaxy J7 Duo ini harusnya sudah cukup optimal. Sebaliknya penggunaannya di seri Galaxy A8 yang merupakan kelas menengah keatas, masih butuh yang lebih baik lagi dari ini. Sementara dari sisi RAM, perangkat yang kami review ini memiliki RAM berkapasitas 3GB dan juga internal storage sebesar 32GB. Pengguna bisa menambahkan penyimpanan melalui slot MicroSD hingga 256 GB.

Keunggulan utama yang ditawarkan Galaxy J7 Duo terdapat pada sensor kamera yang digunakan yaitu kamera utama 13MP dengan kamera sekunder 5MP dengan aperture F/1.9 dan lampu LED flash. Sementara untuk kamera depan dibekali dengan sensor 8 MP dengan bukaan F/1.9 dengan lampu LED Flash. Beberapa fitur yang ada pada kamera Galaxy J7 Duo antara seperti Focus Live dan Selfie Bokeh, serta juga sticker animasi. Sayangnya pada kamera belum ada dukungan stabilizer baik OIS ataupun EIS.

Adapun kapasitas baterai yang tersedia pada Galaxy J7 Duo yaitu 3000mAh. Tidak begitu besar, namun diklaim cukup untuk pemakaian selama seharian. Apalagi perangkat ini juga dilengkapi mode power saving untuk lebih menghemat daya. Tipe baterai Galaxy J7 Duo yaitu removable atau dapat dilepas. Sehingga apabila sewaktu-waktu baterai mengalami kerusakan, pengguna cukup memebeli ganti baterai baru tanpa harus membawa ke service center. Namun jika anda mengharapkan perangkat ini sudah didukung fast charging, sayangnya itu belum.

Dari sisi konektivitas, smartphone ini tentunya sudah mendukung semua provider selular di tanah air. Galaxy J7 Duo juga sudah mendukung jaringan Wi-Fi 5GHz. Sayangnya perangkat ini masih menggunakan slot MicroUSB untuk konektivitas kabelnya. Belum juga ada konektivitas NFC yang ditawarkan oleh Galaxy J7 Duo. Terdapat dua slot SIMCard dengan tipe micro yang tersedia secara dedicated, sehingga pengguna bisa memanfaatkan kedua slot SIMcard tanpa harus bergantian dengan MicroSD.

Kami cukup kecewa dengan sensor yang dimiliki oleh Galaxy J7 Duo. Untuk smartphone kelas 3 jutaan, perangkat ini bahkan belum memiliki sensor Gyroscope. Sementara smartphone 1 jutaan saat ini saja sudah memiiliki sensor tersebut. Adapun sensor yang tersedia di Galaxy J7 duo hanyalah sensorFingerprint, Acceleration dan Proximity. Compas, dan ambience light bahkan belum tersedia.

Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android Nougat 8.0 dengan UI Samsung Experience 9.0. Fitur personal asisten Bixby telah tersedia, dan beberapa fitur unggulan lain seperti AR Emoji dan juga iris unlocked

Paket penjualan yang ditawarkan Galaxy J7 Duo cukup lengkap. Mulai dari kartu garansi, buku panduan, adaptor charger, kabel MicroUSB dan juga headset. Sayangnya belum ada aksesoris cover atau jelly case tambahan untuk produk yang satu ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS