in: News | August 24, 2018 | by: Tim Jagat Review

Dukung 5G, Qualcomm Konfirmasi SoC Next-Gen dengan Fabrikasi 7nm

Qualcomm sebagaimana kita ketahui merupakan perusahaan dibalik nama besar Snapdragon yakni SoC (System on Chip) yang digunakan mayoritas smartphone terkini. Dalam menyambut era 5G NR (New Radio), Qualcomm sebelumnya sempat dikabarkan telah merilis chipset modem 5G, Snapdragon X50 dan modul antena untuk 5G NR.

Kedua komponen tersebut nantinya akan dipasangkan dengan SoC terkini untuk mendukung jaringan 5G NR. Seperti yang Motorola sudah lakukan pada Moto Mod 5G sebagai aksesoris tambahan yang menghadirkan dukungan 5G NR di smartphone Motorola Z3 sebelumnya.

Selain memfokuskan untuk jaringan 5G NR, Qualcomm kabarnya tengah menyiapkan SoC flagship terbaru yang sudah mendukung fabrikasi 7nm. Qualcomm menyebutkan bahwa SoC terbaru miliknya itu sudah dikirim ke berbagai vendor smartphone untuk diuji sebelum diaplikasikan ke produk jadi.

SoC terbaru ini juga telah mendukung teknologi 5G NR dengan menggunakan chipset modem Snapdragon X50 dan modul antena yang sudah dirilis sebelumnya, Qualcomm menargetkan hotspot yang mendukung jaringan 5G NR pertama akan tersedia mulai akhir 2018 serta smartphone yang mendukung 5G NR akan hadir pada kuartal pertama 2019.

Walaupun Qualcomm tidak menyebutkan nama, namun berbagai pengamat memprediksi SoC yang dimaksud adalah Snapdragon 855 yang dirumorkan akan menghadirkan komponen NPU (Neural Processing Unit) terdedikasi yang meningkatkan performa AI dan deep learning secara signifikan.

: , ,

COMMENTS