in: News | August 14, 2018 | by: Tim Jagat Review

Google Tampilkan Daftar Smartphone Terbaik untuk Menonton YouTube

YouTube merupakan salah satu situs video streaming sebagai media hiburan yang dinikmati hampir setiap orang. Dari awalnya hanya menghadirkan website streaming video, sekarang berkembang menjadi media platform terbesar mulai dari perusahaan, artis hingga masyarakat biasa telah memanfaatkan YouTube untuk mencari informasi, meraih popularitas hingga ajang unjuk kebolehan para pembuat konten.

Google belum lama ini diberitakan telah merilis website YouTube Device Report yang menampilkan daftar dari smartphone yang menghadirkan pengalaman terbaik dalam menikmati konten YouTube. Google tidak sembarang dalam menghadirkan daftar smartphone tersebut. Kabarnya, sang raksasa mesin pencari tersebut telah bekerjasama dengan pihak vendor yang terdiri dari 13 nama besar di antaranya Samsung, LG, OnePlus, HTC, Huawei, Xiaomi, Google (Pixel) dan Nokia.

Para vendor smartphone harus memenuhi enam aspek yang harus dipenuhi seperti mendukung teknologi High dynamic range (HDR), 4K decoding, Codec video next-gen (VP9) serta performa terbaik dengan menggunakan SoC minimal 6 Core agar hasilkan dukungan 4K decoding dengan video frame rate tinggi. Selain itu, dukungan 360° video juga harus disertakan yang berarti perangkat harus mendukung sensor gyroscope.

Dari beberapa daftar yang sudah Google tampilkan di halaman resmi YouTube Device Report, namun tidak menampilkan satupun produk Apple yakni iPhone. Hal tersebut tampaknya cukup wajar mengingat Apple tidak mendukung codec next-gen yakni VP9 yang yang digunakan YouTube sebagai standar codec untuk video resolusi tinggi.

Untuk melihat apakah smartphone Anda masuk ke dalam daftar, Anda bisa mengunjungi tautan berikut, untuk melihat info selengkapnya.

: ,

COMMENTS