in: News | August 15, 2018 | by: Friska

Nokia 1, Smartphone dengan Android Oreo Go Edition, Akhirnya Tiba di Indonesia

Setelah kemarin sudah memperkenalkan seri Nokia terbaru untuk Indonesia yang terdiri dari Nokia 2, Nokia 3, Nokia 6 bahkan Nokia 8 yang termasuk di dalam daftar ponsel flagship mereka, kini Nokia yang dipegang oleh HMD Global baru saja mengumumkan satu lagi ponsel terbaru mereka untuk pasar smartphone Indonesia, yakni Nokia 1. Berbeda dengan tipe sebelumnya, Nokia 1 kali ini lebih menyasarkan ke target milenial atau mereka yang hendak berpindah ke smartphone dari feature phone.

“Brand Nokia sendiri sudah cukup dikenal oleh beragam kalangan dari beberapa tahun silam, di mana kami masih memberikan berbagai keunggulan yang Nokia miliki di dalam smartphone terbaru kami kali ini. Nokia 1 dirancang khusus dengan sistem operasi Android Go, di mana kami merupakan brand global pertama yang membawa OS ini ke Tanah Air. Karenanya, pengguna tidak perlu khawatir akan kekurangan RAM maupun storage berkat rancangan khusus Android Go yang mengutamakan kelegaan kapasitas RAM maupun storage yang digunakannya,” tutur Irvan Ridha Hasibuan, Trainer Lead HMD Global, pada media briefing yang diadakan di Ruci’s Joint, Jakarta Selatan, pada hari Rabu (15/8).

Disebutkan juga, karena menggunakan OS Android Oreo Go Edition, maka pengguna tidak perlu khawatir dengan spesifikasi kelas entry yang memang rendah jika dibandingkan smartphone kelas menengah maupun premium, karena Android Go didesain sedemikian rupa sehingga performa masih bisa cukup maksimal walau hanya dibekali RAM 1 GB. Hal ini dikarenakan selain menggunakan Pure Android tanpa bloatware, beberapa aplikasi bawaan juga didesain secara compact dan memiliki Go Edition juga, yang disertai pemangkasan besar aplikasi, sehingga RAM takkan terbebani oleh pemakaian aplikasi tersebut dan masih optimal untuk digunakan.

Menariknya, Android Go ini juga memiliki opsi penggunaan microSD card eksternal yang bisa diformat untuk dijadikan sebagai internal storage, sehingga internal storage sesungguhnya dari smartphone tidak akan terbebani dengan jumlah aplikasi yang diinstal pada smartphone tersebut karena semua akan dialihkan ke microSD card eksternal.

Nokia 1 sendiri memiliki layar 4,5 inch FWVGA IPS display dengan chipset MediaTek MT6737M quad core 1.1GHz, RAM 1 GB, dan kapasitas storage internal 8 GB eMMC yang bisa ditambahkan hingga 128 GB dengan microSD card terpisah. Kamera depan menggunakan sensor beresolusi 2 MP dengan kamera belakang beresolusi 5 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

Nokia 1 juga telah mendukung konektivitas 4G LTE dengan dual nano SIM card, Bluetooth 4.2, GPS/AGPS, Wi-Fi, Radio FM, jack audio 3.5mm, port MicroUSB, kapasitas baterai 2150mAh, serta dukungan OS Android Oreo Go Edition yang dijanjikan akan terus mendapatkan update setidaknya hingga 2 upgrade OS berikutnya, termasuk Android Pie.

Nokia 1 yang dijual dalam 2 varian warna Warm Red dan Dark Blue in sudah dapat dipesan dengan harga Rp 999.000.

: , ,

COMMENTS