in: News | August 19, 2018 | by: Tim Jagat Review

Performa CPU Next-Gen ARM Deimos dan Hercules Setara Laptop Core i Series

Mungkin bagi sebagian dari Anda tidak asing mendengar nama ARM. Perusahaan asal Inggris tersebut dikenal dalam mendesain arsitektur CPU ARM yang digunakan oleh berbagai SoC. ARM menyediakan desain jadi berupa ARM Cortex A series maupun hanya menyediakan lisensi arsitektur saja yang nantinya diubah oleh pihak ketiga, seperti Qualcomm Kyro.

Belum lama ini ARM mengumumkan desain CPU generasi selanjutnya yang menggunakan codename “Deimos” yang dipersiapkan untuk tahun 2019 dengan fabrikasi 7nm, serta ”Hercules” yang dipersiapkan untuk tahun 2020 dengan  mendukung baik fabrikasi 7nm serta fabrikasi 5nm mendatang.

Kedua arsitektur ARM generasi selanjutnya ini juga telah mendukung teknologi ARM DynamIQ yang memungkinkan vendor SoC (System on Chip) dipasangkan dengan arsitektur CPU generasi sebelumnya termasuk menghadirkan L3 Cache tambahan.

ARM menargetkan Hercules dan Deimos tidak hanya untuk smartphone dan tablet PC saja, namun juga untuk server dan always connected PC yang menggunakan OS Windows 10 on ARM. Berdasarkan diagram dari ARM menampilkan Hercules dan Deimos menghadirkan performa yang lebih baik dibandingkan Intel Core i5 7300U series generasi ke empat codename “Kaby Lake”.

Namun  sepertinya ARM akan menemui persaingan yang ketat dari Intel Core i Series generasi terbaru, mengingat semenjak generasi kedelapan Kaby Lake -R Intel mulai menghadirkan jumlah Core/Thread lebih banyak, walaupun begitu peningkatan performa ini sangat bermanfaat untuk menghadirkan perangkat smartphone dan Always connected PC yang lebih bertenaga.

:

COMMENTS