in: Reviews | August 27, 2018 | by: Irham

Review Huawei Nova 3i

Huawei meluncurkan seri smartphone kelas menengah terbaru mereka di akhir bulan Juli yaitu Huawei Nova 3i. Nova 3i mengusung SoC terbaru mereka untuk kelas menengah yaitu Kirin 710 dan menawarkan warna gradasi seperti saudara flagshipnya yaitu Huawei P20 Pro, membuat Nova 3i tampak cukup menarik untuk dijajal. Apalagi smartphone ini juga menawarkan fitur AI yang disematkan pada empat kamera yang diusungnya, tentunya membuat kita cukup penasaran untuk mencobanya.

Tak perlu lama-lama, langsung simak ulasan kami untuk Huawei Nova 3i berikut ini.

Desain

Tak dipungkiri, dari pandangan pertama kita akan langsung dibuat jatuh cinta oleh desain yang ditawarkan oleh Nova 3i ini. Pasalnya Huawei memang sengaja mengadopsi desain dari smartphone kelas flagship mereka yaitu Huwaei P20 Pro. Terutama untuk varian dengan warna gradasi Iris Purple yang coba ditawarkan oleh Huawei ke produk kelas menengah keatas yang satu ini. Pastinya membuat kita selalu ingin melirik smartphone yang memiliki paduan warna cantik ini. Warna gradasi sendiri menjadi tren terbaru yang ditawarkan oleh Huawe tahun ini, yang belum pernah dilakukan brand lain sebelumnya.

Selain warna, desain material perangkat ini juga terlihat sangat elegan. Dengan frame berbahan metal, sedangkan body keseluruhan berlapis kaca yang membuat perangkat ini juga terlihat sangat berkilau. Layar lebar dengan rasio 19:9 juga membuat Huawei Nova 3i cukup menjawab tren kekinian, yaitu dengan layar FullView dan Notch dibagian atas. Untungnya Huawei tidak lagi menaruh fingerprint sensor dibagian depan, yang membuatnya terlihat sebagai smartphone bezeless “nanggung.” Kini sensor fingerprint dipindah ke bagian belakang, tepat berada dibagian tengah dengan model bulat.

Penanmpang bagian belakang dibuat dengan konsep landscape, dimana logo Huawei berada dipojok kiri bawah, sedangkan posisi dual kamera bersusun di pojok kiri atas. Perangkat ini memiliki body yang terbilang ramping dan cukup nyaman digenggam. Adapun ukuran dimensi secara presisi yaitu 157.6 x 75.2mm dengan ketebalan 7.6 mm. Bobotnya tidak terlalu besar yaitu hanya sekitar 169 gram.

Dibagian bawah terdapat slot MicroUSB, grill speaker dan juga lubang jack 3,5mm. Di sisi bagian kanan terdapat tombol power dan volume, sedangkan di sisi bagian kanan terdapat tray SIMCard dan juga MicroSD.

 

Adapun tipe tray SIMcard yang digunakan disini yaitu Hybrid, dengan SIM 1 tipe Nano dan SIM 2 tipe nano/SlotMicroSD. Hal ini mungkin menjadi kekurangan dari Huawei Nova 3i, karena mayoritas pengguna smartphone di tanah air senang menggunakan dua SIM Card. Namun , jika kita melihat kapasitas storage yang ditawarkan smartphone ini yaitu 128GB, tampaknya kita tidak terlalu butuh dengan media penyimpanan tambahan, yang nantinya juga akan mengurangi kecepatan performa perangkat.

Spesifikasi

Huawei Nova 3i juga mengusung spesifikasi yang terbilang cukup menarik. Smartphone ini mengusung spesifikasi antara lain mulai dari layar IPS berukuran 6,3 inci dengan resolusi FullHD+ 1080 x 2340p. Layar Nova 3i terlihat memiliki visibilitas yang cukup baik, cukup cerah dengan warna yang tajam. Kepadatan pikselnya yaitu 409 ppi, yang tentunya sudah lebih tinggi dibandingkan standar retina display.

Dari sisi SoC, smartphone ini menggunakan SoC terbaru milik Huawei yaitu HiSilicon Kirin 710 (12nm 4xCortex A73 2,2GHz + 4x A53 1,7GHz + GPU Mali G5). Dari segi memori, smartphone ini dibekali RAM berkapasitas 4GB dan internal storage sebesar 128GB. Tentunya ruang penyimpanan yang “lega” yang ditawarkan Nova 3i akan menjadi keunggulannya tersendiri.

Beralih ke kamera, yang notabene menjadi keunggulan utama Nova 3i. Smartphone ini menggunakan empat buah sensor kamera yaitu dual kamera depan dan dual kamera belakang. Di kamera depan, smartphone ini menggunakan sensor 24MP f/2.0 + 2 MP Depth Sensor, sedangkan kamera utama atau kamera belakang menggunakan sensor 16 MP f/2.2 + 2MP Depth sensor. Kamera utama dibekali juga dengan lampu flash LED. Beragam fitur baru yang ditawarkan oleh Nova 3i antara lain AI Mode,  Potrait, Bokeh, dan AR lens, disamping fitur-fitur unggulan pada menu kamera Huawei seperti Pro Mode, Lighting Paint, Document Scan, Slow mo, dan lain-lain. dan Untuk kemampuan kamera akan kami bahas lanjut di halaman berikutnya.

Dari segi sensor, Nova 3i juga sudah lengkap. Mulai dari Accelerometer, Ambience Light, Compas Proximity, hingga gyroscope sensor. Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan UI khas Huawei yaitu EMUI 8.0. Beragam fitur yang ditawarkan UI ini seperti sistem keamanan menggunakan Fingerprint dan Face Unloced, Private Space, App Lock, navigasi gesture Hi Touch, Screen Recorder, dan juga Health App.

Perangkat ini dibekali dengan konektivitas 4GLTE yang telah mendukung semua jaringan provider di tanah air. Untuk Wi-Fi, menggunakan Wi-Fi b/g/n, dan juga dukungankoneksi Wi-Fi Bridge. Koneksi kabel menggunakan masih menggunakan MicroUSB sedangkan Bluetooth menggunakan versi 4.2. Sayangnya belum dilengkapi dibekali dengan teknologi koneksi NFC.

Dari segi kelengkapan box, Nova 3i dibekali dengan paket penjualan antara lain kabel buku panduan dan kartu garansi, SIM ejector, MicroUSB, adapator charger, clear case, dan juga unit headset.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS