in: Reviews | August 7, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Vivo V9 (Snapdragon 660, RAM 6 GB)

Sekitar awal tahun 2018 kemarin, Vivo telah merilis smartphone Vivo V9 yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 450, RAM 4GB, serta internal storage 64GB. Telah meluncurkan secara besar-besaran, Vivo V9 pun akhirnya turut memberikan varian warna baru yang juga tidak kalah populer di kalangan para konsumennya.

Kini, Vivo V9 kembali hadir dengan varian yang lebih baru. Tidak, bukan varian warna semata saja yang baru, melainkan spesifikasi utamanya juga turut ditingkatkan lebih baik lagi dari sebelumnya. Vivo V9 edisi baru ini mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM 6 GB! Seperti apa perbedaan performanya jika dibandingkan dengan Vivo V9 versi sebelumnya?

Desain

Harus diakui bahwa secara desain maupun spesifikasi utamanya, tidak banyak perubahan yang dibuat oleh Vivo untuk perangkat V9 baru ini selain memiliki RAM 6 GB serta chipset yang lebih tinggi daripada pendahulunya tersebut. Desain secara keseluruhannya sendiri mirip dengan Vivo V9 yang sudah lebih dulu hadir di pasaran sejak April 2018, begitu juga dengan posisi tombol operasi utama, sensor fingerprint, posisi kamera, berbagai port seperti jack audio 3.5mm, slot SIM/microSD card, atau microUSB, speaker utama, serta “notch” pada layar utamanya.

Hal yang mungkin terlihat berbeda dibandingkan dengan perangkat V9 sebelumnya adalah pilihan material untuk desain bodi belakangnya. Ketika Vivo V9 versi awalnya menggunakan material glossy yang tentunya akan terlihat lebih mengkilap layaknya kaca, Vivo V9 versi baru ini justru menggunakan material yang lebih matte dan tidak lagi mengkilap. Namun tentu saja, perubahan material ini masih membawa kesan elegan dan lux dari smartphone ini, terutama jika menggunakan Vivo V9 versi baru yang berwarna merah.

Selain dari perbedaan material dan finishing yang digunakan untuk Vivo V9 edisi baru ini, tidak ada perubahan signifikan yang bisa dilihat secara kasat mata.

Spesifikasi

Sama seperti pendahulunya, Vivo V9 edisi baru ini memiliki layar 6,3 inch rasio 19:9 dengan resolusi 1080 x 2280 pixel FHD. Walau memiliki layar besar, dimensi keseluruhan dari perangkat ini berukuran 154.8 x 75 x 7.8 mm, di mana ukuran ini mirip dengan dimensi standar untuk smartphone dengan layar 5,5 inch beberapa tahun belakangan ini.

Dapur pacunya merupakan salah satu yang berbeda signifikan dibandingkan sebelumnya, dengan kini Vivo V9 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660 2.2 GHz Quad core Kryo 260 + 1.8 GHz Quad core Kryo 260, GPU Adreno 512, RAM 6GB, dan kapasitas storage internal 64 GB yang bisa ditambahkan hingga 256 GB dengan microSD card tambahan. Dengan memiliki perbedaan chipset dan RAM yang pastinya lebih besar ini, secara umum seharusnya performanya juga akan meningkat.

Salah satu hal lainnya yang “dipangkas” untuk menyesuaikan spesifikasi utama dari Vivo V9 versi terbaru ini adalah dari segi kameranya. Sementara kamera utama masih menggunakan kamera ganda 13 MP + 2 MP yang memiliki bukaan f/2.0, fitur phase detection auto-focus, serta Dual LED Flash, kamera depannya kini memiliki sensor 12 MP alih-alih menggunakan 24 MP seperti perangkat sebelumnya. Walau resolusi kamera depan tidaklah sebesar sebelumnya, Vivo V9 edisi baru ini tetap dilengkapi dengan teknologi AI yang bisa membantu kamera dalam mengambil foto yang lebih akurat dari segi warna, komposisi serta pencahayaannya.

Sementara itu, spesifikasi lainnya masih sama seperti perangkat sebelumnya. Vivo V9 versi baru ini tetap memiliki konektivitas 4G LTE dengan dukungan Dual SIM card yang memiliki tiga slot berbeda untuk bisa diisi dengan microSD card sekaligus dengan 2 buah SIM card. Untuk dukungan lainnya, seperti konektivitas WiFi  802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, USB dan OTG, semua masih sama. Dan cukup disayangkan, kami tidak menemukan fitur NFC juga pada model baru ini.

Untuk baterainya, Vivo V9 model baru ini masih memiliki kapasitas 3260mAh. Mengingat Snapdragon 660 memiliki arsitektur 14nm, seharusnya manajemen baterai yang dimiliki perangkat ini akan lebih hemat juga. Sistem operasi yang digunakan Vivo di smartphone ini adalah Android 8.1 Oreo dengan UI Funtouch OS 4.0. Beberapa fitur khas seperti Game Mode dan Motorbike Mode, Smart Split, Smart Motion, One-Handed Mode, serta App Clone ditawarkan Vivo di smartphone ini. Belum diketahui apakah nantinya Vivo akan menawarkan update ke versi Android berikutnya.

Paket Penjualan

Paket penjualan dari Vivo V9 edisi baru ini tergolong lengkap; di mana di dalam box pengguna akan menemukan satu (1) unit Vivo V9, adapter, kabel microUSB, earphone, pin untuk mencabut slot SIM/microSD card, soft case untuk melapisi smartphone, beserta petunjuk pemakaian dan kartu garansi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS