in: News | August 4, 2018 | by: Tim Jagat Review

WhatsApp Akan Disisipi Iklan Resmi Melalui Status dan Chat Pengguna 

WhatsApp dikenal karena kesederhanaan serta tidak menghadirkan iklan di dalamnya. Meski Facebook telah mengakuisisi WhatsApp, namun tetap mempertahankan kebijakan tanpa iklan tersebut. Sayangnya, kebijakan tersebut tampaknya tidak akan bertahan lama.

Seperti yang kami kutip melalui Wall Street Journal, WhatsApp mulai mempersiapkan rencana untuk menghadirkan iklan di aplikasi miliknya tersebut pada tahun 2019 nanti.

Facebook dikabarkan sudah melakukan kerjasama dengan 100 perusahaan internasional seperti Uber dan Singapore Airlines, perusahaan tersebut akan dipermudah untuk proses penerbitkan iklan karena WhatsApp nantinya akan terintegrasi dengan fasilitas iklan yang sudah ada di Facebook.

Nantinya pengguna akan melihat beberapa cuplikan iklan yang akan hadir di status WhatsApp pengguna dalam bentuk timeline, iklan status tersebut tidak bisa diblokir atau dihapus oleh pengguna, namun pihak WhatsApp memberikan opsi untuk mengganti antara satu kategori iklan ke kategori lainya.

Serta bagi pengguna yang berminat untuk mengikuti iklan dari perusahaan rekanan tersebut, tersedia opsi Follow yang setelah diikuti secara berkala akan mengirimkan chatting tentang promosi produk atau jasa kepada pengguna.

Walau berpotensi akan menurunkan traffic dan jumlah pengguna secara signifikan, namun pihak WhatsApp cukup percaya diri pengguna akan beradaptasi dan menyebutkan metode serupa sudah diterapkan pada Instagram dan cukup efektif.

: ,

COMMENTS