in: Featured - Highlights - Reviews | September 16, 2018 | by: Irham

Adu Hasil Kamera dan Baterai, Huawei P20 Pro Vs iPhone X

Para pengguna smartphone kelas flagship pastinya memiliki  ekspektasi bahwa produk yang mereka miliki adalah yang terbaik di kelasnya. Apalagi sudah ditebus dengan harga yang tinggi, fitur yang ada didalamnya tentu harus menjadi yang terbaik. Salah satu alasan konsumen memilih smartphone di kelas harga flagship, yaitu karena smartphone kelas flagship dianggap memiliki fitur kamera paling jempolan. Dengan kamera yang paling dapat diandalkan, semua momen pastinya akan bisa diabadikan lebih sempurna.

Contoh smartphone kelas flagship dengan kemampuan paling mumpuni adalah seperti kedua smartphone yang akan kami perbandingkan berikut ini. Yaitu antara Huawei P20 Pro dan iPhone X. Kedua smartphone ini merupakan line up tertinggi dikelasnya, yang diklaim memiliki kemampuan kamera yang canggih. Huawei P20 Pro dibekali dengan tiga buah kamera di dalam sistem kamera utama itu, yaitu 40 MP 1/1.7″ dengan lensa f/1.8 27 mm sebagai kamera RGB utama, 20 MP dengan lensa f/1.6 27 mm untuk kamera monokrom, serta 8 MP dengan lensa f/2.4 80 mm untuk telephoto, yang merupakan hasil dari kerja sama dengan Leica. Kamera utama ini dibekali dengan OIS untuk sensor 40 MP, AI Image Stabilization, phase-detection dan laser autofocus, LED flash, dan fitur Master AI.

Sedangkan iPhone X dibekali dengan dua buh sensor kamera utama dengan lensa Wide Angle dan Telephoto 12 MP. Untuk Wide Angle memiliki aperture  f/1.8, sedangkan Telephoto memiliki aperture f/2.4. Focus Pixels menjadi teknologi deteksi fokus yang digunakan, juga dilengkapi dengan OIS dan HDR Otomatis.

Kedua smartphone ini berada di jajaran atas DXO Mark dengan sebagai mobile camera smartphone terbaik. Untuk Huaweri P20 Pro memiliki skor tertinggi hingga saat ini yaitu sebesar 109, sedangkan iPhone X memiliki skor sebesar 97. Namun sekedar angka saja akan sulit menjadi tolak ukur, sebelum kita melihat langsung hasil foto dari kedua produk tersebut.

Selain kemampuan kamera, urusan baterai juga biasanya menjadi hal yang penting dalam memilih smartphone. Apalagi bagi para pengguna smartphone flagship. Pastinya akan terasa kurang nyaman, jika memiliki smartphone dengan beragam fitur premium, tapi harus mengisi daya beberapa kali dalam sehari. Untuk itu kami juga akan melakukan pengujian baterai untuk kedua perangkat ini

Penasaran dengan kemampuan kamera serta baterai dari Huawei P20 Pro dan iPhone X, simak ulasan kami berikut ini.

Uji Kamera

Pengujian kamera yang kami lakukan mengambil beberapa kondisi pengambilan gambar. Ada lima kondisi yang kami ambil untuk membandingkan kedua produk antara lain Landscape, Detail, Zoom 10X, Low Light dan Video.

Landscape

Pada pengujian pertama ini kami mengabadikan foto di kondisi terang, yaitu dengan objek foto taman di siang hari. Pengambilan gambar kami lakukan dengan menggunakan mode auto pada masing-masing perangkat, dimana fitur Master AI pada P20 Pro juga kami aktifkan. Sementara pada iPhone X sayangnya belum tersedia fitur tersebut.

Foto Menggunakan iPhone X (Auto)
Foto menggunakan Huawei P20 Pro (Auto – Master AI On)

Foto pertama adalah foto yang diambil menggunakan iPhone X. Terlihat pada foto tersebut, gambar yang dihasilkan cenderung memiliki warna yang natural. Detail gambar yang dihasilkan juga cukup baik,

Sedangkan pada foto kedua yang diambil dengan menggunakan P20 Pro, terlihat gambar lebih tajam. Penggunaan Master AI pada kamera P20 Pro langsung mendeteksi objek gambar yang diambil sebagai kategory “Greenery”. Kemufian nampaknya AI bekerja untuk menampilkan warna hijau pada dedaunan terlihat lebih mencolok. Selain itu kontras cahaya dan dynamic range diatur seara otomatis menjadi lebih tajam. Bisa kita lihat perbedaan antara keduanya, foto pada P20 Pro menjadi lebih terlihat impresif.

Detail

Untuk pengujian kedua yang kami lakukan adalah untuk memperlihatkan detail pada hasil foto pada masing-masing perangkat. Disini kami mengabadikan foto dengan objek sebuah tekstur bebatuan serta sepasang sepatu, yang akan menunjukan kehebatan detail pada masing-masing perangkat.

Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Huawei P20 Pro

Foto yang telah kami ambil lalu kami perbesar 10x dan di crop hingga terlihat hasil gambar seperti dibawah ini:

Foto di crop
Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Huawei P20 Pro

Dari perbandingan antara kedua foto diatas, dapat dilihat bahwa hasil antara kedua gambar menampilkan detail yang sangat baik. Saat gambar diperbesar pun, terlihat detail gambar pada Huawei P20 Pro ternyata tidak jauh berbeda dengan iPhone X. Namun untuk tingkat kecerahan, lagi-lagi Huawei P20 Pro terlihat lebih terang dibandingkan dengan iPhone X.

Zoom 10X

Kedua smartphone ini sebenarnya masing-masing kemampuan Zoom hingga 10 kali lipat. Namun tentunya baik P20 Pro maupun iPhone X akan memperlihatkan hasil yang berbeda. Huawei P20 sendiri dibekali dengan kamera utama 40MP dengan tiga buah sensor, yang memiliki kemampuan optical Zoom hingga 3x, sedangkan iPhone X memiliki kamera utama 12 MP dengan optical Zoom 2x.

Foto menggunakan Huawei P20 Pro
Foto menggunakan iPhone X

Kami mengambil gambar dibawah ini, dengan dua gambar saat kondisi normal dan setelah melakukan Zoom. Kali ini perbedaan antara keduanya memang terlihat cukup signifikan. Pada foto Zoom 10x yang diambil dengan P20 Pro, rupanya masih memiliki detail yang cukup jelas. Selain itu warna foto cenderung terlihat cerah. Berbeda dengan foto Zoom 10x yang diambil menggunakan iPhone X, cenderung terlihat lebih gelap dan detail juga tidak sebaik yang diabadikan oleh Huawei P20 Pro.

Zoom 10x Huawei P20 Pro
Zoom 10X iPhone X
Daftar Isi
Pages: 1 2
: , , ,

COMMENTS