in: Featured - Highlights - Reviews | September 16, 2018 | by: Irham

Adu Hasil Kamera dan Baterai, Huawei P20 Pro Vs iPhone X

Low Light

Pengujian Low light kami lakukan untuk mencari tahu mana smartphone yang paling baik dalam mengabadikan momen di kondisi low light. Adapun foto yang kami ambil yaitu lingkungan di ruangan lab review kami.

Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Huawei P20 Pro

Dari kedua foto tersebut dapat kita lihat bahwa pada kondisi Low-Light pun, Huawei P20 Pro terlihat lebih mendomnasi. Foto terlihat cukup jelas di kondisi minim cahaya, dengan noise yang terlihat minim dan juga tidak terlihat blur. Biasanya di kondisi seperti ini, kamera akan menurunkan kecepatan rana untuk mengambil cahaya lebih baik, sehingga seringnya akan mengalami blur. Namun hal tersebut tidak dialami oleh P20 Pro

Sementara pada foto yang diabadikan menggunakan iPhone X, foto terlihat memiliki detail yang kurang baik. Selain itu noise pada gambar juga terlihat masih sangat tinggi. Untuk kondisi low-light, bisa dikatakan antara P20 Pro dan iPhone X memiliki perbedaan kualitas yang cukup jauh. Di pengujian ini, Huawei P20 Pro memberikan pukulan yang cukup telak untuk iPhone X.

Video

Untuk kemampuan video sebenarnya antara P20 Pro dan juga iPhone X sama-sama memiliki kualitas yang sangat baik. Keduanya dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilzation), untuk pengambilan gambar video yang lebih stabil.

Namun pada pengujian secara langsung, rupanya pengambilan video menggunakan P20 Pro terlihat lebih baik terutama untuk fitur OIS. OIS di P20 terlihat bekerja dengan lebih optimal sehingga video yang dihasilkan lebih stabil.

Sementara pada pengujian menggunakan iPhone X, saya merasakan OIS tidak bekerja secara maksimal karena yang ditampilkan pada viewfinder di layar, gambar masih terlihat bergoyang. Kemungkinan iPhone X juga masih memanfaatkan EIS untuk menambah kestabilan video karena saat video tersimpan, jauh lebih stabil dari saat pengambilan. Namun hasil gambar juga terlihat seperti bergelombang.

Anda bisa melihat perbedaannya di cuplikan video berikut ini.

iPhone X Sample Video

Huawei P20 Pro Sample video

Dari beberapa pengujian yang kami lakukan diatas, tampak bahwa Huawei P20 Pro memang lebih unggul ketimbang iPhone X. Dalam beberapa kondisi seperti Zoom 10x, Low Light dan pengambilan video, hasil pengambilan gambar antara keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Sementara di kondisi-kondisi normal dengan pencahayaan cukup, hasil foto antara iPhone X dan Huawei P20 Pro memang tidak terlalu jauh berbeda.

Pengujian Baterai 

Berikutnya kami akan melakukan pengujian produk dari sisi manejemen daya. Seperti biasa, pengujian yang kita lakukan kali ini yaitu menguji kedua produk dengan melakukan browsing test. Kedua smartphone akan melakukan browsing secara looping, dengan terhubung pada server browsing test yang kami buat sendiri. Pengujian dilakukan saat batrei penuh 100% hingga kosong.

Setelah melakukan pengujian, Huawei P20 Pro mampu bertahan untuk tes browsing selama 16 Jam 24 Menit. Sedangkan iPhone X, hanya mampu bertahan selama 13 Jam 57 Menit.

Adapun pengujan berikutnya yang kami lakukan yaitu streaming video. Ini adalah pengujian baru yang kami lakukan dengan melakukan tes streaming video secara looping, yang juga terhubung dengan server buatan kami, dari kondisi penuh 100% hingga kosong.

Setelah melakukan pengujian, Huawei P20 Pro mampu bertahan selama 8 jam 30 menit. Sedangkan iPhone X hanya mampu bertahan selama 6 Jam 45 Menit.

Dari hasil yang kami lakukan diatas, antara Huawei P20 Pro dan iPhone X sebenarnya memiliki manjemen daya yang cukup baik. Huawei P20 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 4000mAh, sehingga dalam pengujian baterai memiliki angka yang lebih unggul. Sedangkan iPhone X, dengan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, namun jika dilihat dari angka yang ditampilkan, perangkat ini bisa dikatakan juga memiliki manajemen daya yang optimal.

Kesimpulan

Huawei P20 Pro memang memiliki keunggulan dari sisi fotografi yang cukup sulit dilawan. Tiga sensor yang diusungnya dengan Megapiksel paling besar yaitu 40MP, yang juga digarap bersama Leica menjadikan P20 Pro diatas angin. iPhone X yang ditawarkan dengan harga lebih tinggi pun kualitasnya masih berada dibawahnya.  Klaim Huawei sebagai smartphone dengan kamera terbaik sepertinya memang masih bisa dipegang untuk saat ini. Kita tunggu saja apakah akan ada smartphone baru yang bisa mengalahkan Huawei P20 Pro untuk urusan fotografi, atau Huawei akan kembali menelurkan produk baru dengan fitur fotografi lebih baik lagi.

Di aspek lain, pada pengujian kami untuk kemampuan baterai, iPhone X dan Huawei P20 memiliki manajemen daya yang cukup dapat diandalkan. Namun Huawei P20 Pro menawarkan kelebihan dari sisi kapasitas yang lebih besar, sehingga smartphone ini akan memiliki waktu pemakaian keseharian yang lebih panjang dibandingkan dengan iPhone X.

Beberapa hari lalu Apple baru saja meluncurkan seri iPhone X terbaru mereka. Sementara dalam waktu dekat, Huawei juga kabarnya akan segera menghadikan flagship smartphone terbaru yang diklaim akan membawa gebrakan inovasi terbaru mereka. Seperti apa smartphone-smartphone flagship terbaru ini dan sehebat apa kemampuannya, tentunya kita  akan sama-sama menantikan kehadirannya.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: , , ,

COMMENTS