in: News | September 13, 2018 | by: Irham

Fitur-Fitur Ini Baru Ada iPhone X Terbaru, Android Sudah Duluan Punya

Apple kembali menghadirkan seri terbaru dari iPhone X, antara lain iPhone XS, XS Max dan XR. Namun ketiga line baru iPhone ini dianggap hanya sedikit membawa peningkatan fitur dari generasi sebelumnya. Seperti FaceID lebih cepat, speaker stereo, dan pilihan layar lebih besar. Bahkan beberapa fitur yang baru ada di line up iPhone X terbaru ini sudah lama ada di perangkat Android.

Berikut beberapa fitur baru yang ada pada tiga iPhone X terbaru, namun sudah lebih dulu ada di perangkat-perangkat Android:

Apple A12 Bionic Dengan Neural Engine

A12 Bionic juga dibekali dengan teknologi canggih Neural Engine. Neural Engine di A12 Bionic adalah sistem AI yang ditanamkan pada chipset, untuk kebutuhan mesin learning sehingga smartphone dapat berjalan lebih optimal sesuai kebutuhan pengguna. Seiring hadirnya beragam fitur AI terbaru pada smartphone mulai dari fotografi, AI performa hingga Augmented Reality, chipset/SoC terbaru memberikan ‘mesin’ khusus sehingga sistem bisa berjalan lebih kencang. Snapdragon dari Qualcomm dan Hi Silcon Kirin dari Huawei sudah lebih dahulu menghadirkan fitur tersebut.

Namun demikian, A12 memiliki peningkatan performa yang cukup signifikan. Dimana Apple A12 Bionic membawa enam inti prosesor dengan teknologi fabrikasi 7nm, yang diklaim memiliki peningkatan performa CPU sebesar 15%, efisiensi daya 50% dan 50% performa GPU

Retouch Aperture & Smart HDR

Apple membawa fitur terbaru yang digadang-gadang sebagai “Breakthrough” pada menu kamera dengan dual sensor mereka. Dimana pengguna bisa mengatur aperture pada kamera saat ingin mengambil foto, serta mengubah aperture setelah gambar diambil. Sayangnya fitur ini sudah lama ada pada perangkat Android bahkan sejak tahun 2015 silam. Perangkat seperti Huawei, Honor dan HTC paling dulu hadir dengan fitur tersebut. Selain itu Smart HDR pada kamera juga baru dihadrikan oleh Apple di line up iPhone X terbaru mereka (iPhone XS, iPhone XSMax dan iPhone XR), dimana fitur ini berkerja dengan AI untuk mengaktifkan HDR secara pintar saat mengambil foto.

 

Dual SIM

Smartphone dengan Dual SIM tentu bukanlah suatu hal yang bisa dibilang hebat. Bahkan untuk pengguna smartphone di tanah air rata-rata menggunakan smartphone dengan dual SIMCard dari harga paling terjangkau hingga paling tinggi. Smartphone tanpa fitur DualSIM bahkan bisa dikatakan sebagai suatu kekurangan.

Setelah bertahun-tahun hadir dengan single SIMCard, baru kali ini akhirnya iPhone hadir dengan fitur DualSIM. Bedanya, Apple menghadirkan dual SIM dengan satu slot SIM card, dan satu E-SIM. ESIM ternyata juga sudah ada didukung perangkat Google Pixel 2 meskipun baru tersedia di US. Tampaknya tren SIMcard juga akan berubah, dan brand besar seperti Google dan Apple sudah mulai mempersiapkan diri dengan teknologi tersebut

: , ,

COMMENTS