in: News | September 27, 2018 | by: Irham

Mengenal Helio P22 dan A22, SoC di Redmi 6 dan Redmi 6A

Hari ini MediaTek bersama dengan Xiaomi menggelar media briefing mengenai produk SoC terbaru MediaTek yang digunakan pada perangkat smartphone terbaru Xiaomi. Yaitu Helio A22 dan Helio P22, yang menjadi otak smartphone Redmi 6A dan Redmi 6. Hadir Senior Manager Corporate Sales & Business Development ASia & Africa MediaTek, yaitu Pang Sui Yen yang menjabarkan lebih lanjut tentang kedua SoC terbaru MediaTek tersebut. 


Helio P22 hadir sebagai kelas menengah terbaru dari MediaTek, yang merupakan lanjutan dari generasi sebelumnya yaitu P20 dan P23. Adapun seri P mendefinisikan “Performance. Performa dari seri tergolong cukup baik dan dapat diandalkan untuk kebutuhan smartphone kelas menengah. Meski agak unik, karena P22 mengisi line up MediaTek setelah P20 dan P23, namun produk SoC terbaru ini memiliki beberapa peningkatan dari sisi CPU dan juga GPU.  

Sedangkan Helio A22 merupakan kelas baru yang dihadirkan oleh MediaTek, dengan posisi diatas kelas entry level MediaTek yaitu MT6737 dan MT6739. “A” mendefinisikan “ Advance User,” dimana SoC ini dihadirkan untuk smartphone-smartphone terjangkau, namun telah siap dengan fitur yang lebih advance.

Fabrikasi 12nm, Performa CPU dan GPU Meningkat

Menggunakan fabrikasi 12nm, Helio P22 menggunakan CPU octa-core Cortex A53 2.0 GHZ serta GPU PowerVR IMG GE8320. Selain itu Helio P22 mendukung memori RAM 2x LPDR4X 1600MHz, up to 6 GB dan 1x LPDDR933 MHz up to 4GB. Untuk display, Helio P22 baru mendukung resolusi maksimal HD+ (1600 x720p).

Sedangkan Helio A22 memiliki spesifikasi yang mirip dengan Helio P22 hanya saja, SoC ini masih menggunakan CPU Quad-Core . Helio A22 diklaim menjadi SoC entry level pertama yang telah menggunakan proses fabrikasi 12nm. Selain itu untuk ISP yang digunakan pada Helio P22 juga lebih tinggi, yaitu ISP yang sama digunakan pada kelas premium MediaTek, Helio X30. ISP ini mendukung dual camera 13MP+8MP dan single camera hingga 21 MP.

Menggunakan spesifikasi CPU dan GPU yang sama, kedua SoC ini memiliki peningkatan rata-rata sekitar 30% untuk performa CPU, dan 70% untuk performa GPU. Selain itu peningkatan juga ada pada sisi konektivitas, SoC ini didukung dengan modem CAT.7/CAt 4 L+L, wifi 802.11 AC, serta Bluetooth 5.0 .
Edge AI, teknologi AI MediaTek

Selain itu, baik Helio A22 dan P22 menawarkan teknologi terbaru mereka yaitu Edge AI. Edge AI adalah teknologi baru MediaTek yang menawarkan sistem AI pada platform SoC mereka. Teknlogi Edge AI dari MediaTek juga menggunakan kinerja CPU dan GPU pada SoC dan kombinasi software .

Penggunaan Edge AI di kedua prosesor ini menawarkan beberapa kemampuan fitur AI pada smartphone . Di dua produk anyar Xiaomi yaitu Redmi 6A yang menggunakan Helio A22 dan Redmi 6 yang menggunakan Helio P22, MediaTek memberikan fitur AI diantaranya yaitu AI Potrait, Face Recognition, dan juga Smart Album. 

Dengan AI Potrait, smartphone dapat mengambil gambar bokeh dengan hasil yang lebih baik. Di dukung dengan software ImagiQ, kamera pada smartphone juga memiliki kemampuan Auto Exposure yang responsive.  

Sementara pada Face Recognition, AI akan membantu perangkat untuk lebih mudah mengidentifikasi wajah. Begitu pula dengan Smart Album, dimana galeri foto akan diorganisir secara pintar berdasarkan kategori foto yang diambil.

: , , ,

COMMENTS