in: Reviews | September 27, 2018 | by: Irham

Review Honor 9i: Smartphone Bagus Terjangkau nan Stylish

Honor kembali meluncurkan produk terbaru mereka di tanah air yaitu Honor 9i. Kali ini Honor kembali membidik pasar menengah, yang sebenarnya sangat kompetitif dengan beragam pilihan. Mulai dari brand, spesifikasi hingga harga yang ditawarkan, brand-brand yang bersaing di harga ini benar-benar saling pukul- memukul satu sama lain dengan sengitnya.

Honor 9i sendiri kembali menawarkan keunggulan dual kamera di kamera belakang, layar FullView dan notch berasio 19:9, serta tampilan desain yang cukup menawan. Sementara dari segi spesifikasi, tidak jauh berbeda dari Honor 9 lite sebelumnya, masih menggunakan SoC Kirin 659 sebagai dapur pacu utamanya.

Lalu seperti apa sesungguhnya Honor 9i, simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Desain

Honor 9i membawa desain yang cukup menawan dengan material kaca unibody yang membungkusnya. Perangkat yang kami uji adalah varian berwarna saphire blue dan memang terlihat sangat elegan. Meski demikian, kaca yang digunakan bukanlah kaca safir dan kami juga tidak mengetahui jenis kaca yang digunakan apakah kaca anti gores gorilla glass atau bukan. Hanya saja perangkat ini memiliki frame metal yang terasa cukup kokoh.

Perangkat ini memiliki wujud yang ramping dengan dimensi 149.2 x 71.8 dan tebal 7.7 mm. Tidak terlalu besar, namun perangkat ini sudah mengusung layar lebar dengan dimensi 5,84 inci. Membuat Honor 9i cukup nyaman digenggaman sekaligus punya penampang layar yang enak dilihat dan sudah mengikuti tren terkini. Material kaca yang digunakan membentuk sudut 2,5D, baik pada penampang bagian depan maupun belakang. Dibagian belakang terdapat dua sensor kamera yang terpasang di sudut, serta dilengkapi dengan lampu LED Flash. Fingerprint berada dibagian tengah dengan bentuk bulat. Sedangkan dibagian bawah terdapat logo Honor.

Di penampang bagian depan, tentuynya kita dapat melihat layar FullView dengan desain Notch. Dimana pada bagian tengahnya terdapat sensor kamera, grill speaker dan juga notifikasi LED. Kami cukup salut untuk Honor 9i masih memberikan notifikasi LED pada celah yang sempit di tengah notch tersebut. Sementara pada bezel bagian bawah terdapat logo Honor, dan tombol navigasi (home, back, recent app) berada di bagian dalam layar.

Lanjut ke bagian sisi, di sisi bagian kanan terdapat tombol power dan volume, sedangkan di sisi sebelah kiri tedapat tray SIMCard dan MicroSD. Tray SIM Card dual slot ini sayangnya masih terpasang hybrid dengan microSD, sehingga pengguna harus memakainya bergantian antara SIM 2 dan Micro SD. Di sisi bagian bawah, terdapat lubang konektor MicroUSB dan juga grill speaker serta lubang jack 3,5 mm.

Pada dasarnya, Honor 9i masih mirip dengan Honor 9 Lite. Hanya saja perangkat ini sudah mengusung layar FullView display 19:9 dengan notch, serta tidak dilengkapi dengan dual sensor kamera di bagian depan.

Spesifikasi

Dibandingkan dengan Honor 9 Lite, Honor 9i memiliki beberapa perbedaan spesifikasi. Ada peningkatan dan pengurangan, namun tidak begitu siginifikan. Honor 9i seperti yang telah dibahas sebelumnya, sudah menggunakan layar dengan rasio 19:9. Panel yang digunakan yaitu IPS 5,84 inci dengan resoulsi FullHD+.

Dari sisi SoC, perangkat ini kembali menggunakan SoC yang cukup lawas dari Hi Silicon Kirin, yaitu Kirin 659.  Untuk varian yang kami uji, Honor 9i dibekali dengan RAM 4GB serta internal storage 64 G.

Untuk kamera utama, Honor menawarkan kamera utama dual-camera 13 MP + 2 MP, dengan fitur phase-detection auto-focus dan LED Flash. Namun Honor 9i tidak lagi dibekali dengan dual sensor pada kamera sensor, melain kan single sensor dengan resolusi cukup besar yaitu 16 MP.

Honor 9i sudah berjalan menggunakan sistem operasi Android Oreo, dengan UI andalan mereka yaitu EMUI 8.0. Beberapa fitur unggulanya seperti Health, App Twin, Ride Mode, dan Wi-Fi Bridge telah tersedia. UI ini juga terlihat simple karena tidak menggunakan app drawer.

Sensornya juga sudah cukup lengkap, mulai dari Acceleration, Proximity, Ambience Light, Compass, hingga Gyroscope telah tersedia. Untuk fitur autentikasi, selain tersedia fingerprint, perangkat ini juga memiliki face unlocked yang cukup responsive.Perangkat ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 3000mAh.

Untuk kontektivitas, perangkat ini sudah mendukung semua jaringan 4G dari berbagai operator tanah air. Namun untuk konektivitas wi-fi masih menggunakan Wi-Fi 802.11 b/g/n, yang belum mendukung jaringa 5 GHz. Belum pula dilengkapi dengan teknologi NFC.

Adapun paket penjualan dari Honor 9i antara lain adaptor charger, kabel MicroUSB, buku oanduan dan kartu garansi serta aksesoris clear case. Sayangnya belum ada unit headset pada paket penjualan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS