in: Highlights - Reviews | September 16, 2018 | by: Irham

Review ASUS Zenfone 5Q: Pilihan Menarik Yang Terlewatkan

Diantara dua smartphone ASUS yang cukup fenomenal saat diluncurkan yaitu Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone 5, ASUS punya satu line up yang luput dari hype. Adalah Zenfone 5Q atau juga dikenal di pasar global sebagai Zenfone 5 Lite, yang memposisikan diri sebagai smartphone lifestyle dengan fitur kompleks yang ditawarkan.

Zenfone 5Q juga membawa kamera selfie, yang sebelumnya selalu diusung seri Zenfone selfie ASUS. Menggantikan seri tersebut, ASUS menghadirkan Zenfone 5Q yang komposisinya lebih seimbang. Tak cuma ungul dari kamera selfie, Zenfone 5Q juga memiliki spesifikasi yang terbilang kompleks di segala kebutuhan.

Bagi kalian yang cukup penasaran kemampuan Zenfone 5Q, mungkin kalian bisa mencari tahu lewat ulasan kami berikut ini.

Desain

Secara desain, Zenfone 5Q bisa kami bilang justru paling mewakili DNA ASUS Zenfone dari seri Zenfone 3 yang jadi awal kesuksesan ASUS. Zenfone 5Q hadir dengan body material kaca, yang sayangnya kami belum mengetahi apakah menggunakan kaca keras sepeti Gorilla Glass atau tidak, karena ASUS tidak memberikan informasi tentang hal tersebut, dan kami juga enggan memukulkan perangkat ini ke benda keras untuk mencari tahu. Varian warna yang ditawarkan oleh ASUS untuk Zenfone 5Q yaitu hitam, silver dan putih. Untuk varian yang kami uji yaitu varian berwarna putih, yang sayangnya masih kurang terlihat mencolok. Karena pada versi hitam dan silver, terdapat motif gradiant pada bagian belakang yanglebih terlihat jelas. Sayangnya ini tidak ditemukan pada versi warna putih.

Perangkat ini juga memiliki kontur 2,5D dibagian depan yang juga membuatnya tampak terlihat lebih berkelas. Selain itu pada bagian tepinya diberikan aksen chrome. Dimensi perangkat ini memiliki ukuran 160.6 x 76.2 x 7.8 mm, dengan bobot yang cukup ringan dalam genggaman yaitu 168gram. Meski perangkat ini memiliki permukaan yang licin karena mayoritas penampangnya adalah kaca, namun yang cukup pintar dilakukan oleh ASUS untuk perangkat ini adalah membuat permukaan bagian frame sedikit lebih kasar/kesat. Sehingga perangkat ini memiliki grip yang lebih kokoh.

Untuk varian berwarna putih, perangkat ini akan terasa memiliki bezel lebih besar meskipun hanya ilusi optik. Di bagian atasnya terdapat dua buah sensor kamera dan LED flash, sensor cahaya serta lampu notifikasi di bagian sudut. Zenfone 5Q yang digadang-gadang sebagai penerus Zenfone 4 Selfie memang dibekali dengan dua kamera selfie untuk menggaet pasar selfie smartphone.

Dibagian belakang terdapat dua sensor kamera dengan posisi vertikal di tengah dengan lampu LED flash disisinya. Namun bentuknya sedikit menonjol keluar sehingga agak kurang nyaman untuk diletakan di permukaan datar seperti meja dan sebagainya. Akan lebih aman jika menggunakan aksesori pelindung, sehingga modul kamera lebih aman. Sementar pada bagian fingerprint tentunya lebih cekung ke dalam, dengan bentuk bulat yang tampak agak lebih kecil dari smarpthone kebanyakan.

Dibagian sisi kanan, seperti biasa terdapat tombol power/lock screen dan volume sedangkan disisi kiri terdapat tray SIMCard dan juga MicroSD. Bagusnya Zenfone 5Q menggunakan dua tray SIM card nano yang terpisah dengan slot MicroSD sehingga pengguna akan leluasa menambahkan media penyimpanan tambahan.

Dibagian bawah, perangkat ini terdapat grill speaker serta konektor microUSB. Ya, Zenfone 5Q masih menggunakan MicroUSB sebagai konektor untuk transfer data dan charging. Sedangkan di bagian atas terdapat jack 3,5mm untuk kebutuhan headset.

Spesifikasi

Zenfone 5Q memiliki spesifikasi yang bisa dibilang adalah standar untuk kelas harga yang ditawarkan. Tidak terlalu wah seperti produk Zenfone Max Pro M1 mereka, tapi masih cukup untuk kelas harga Rp. 3 jutaan yang dituju. Perangkat ini dibekali dengan layar IPS berukuran 6 inci dengan resolusi FullHD+ dan rasio 18:9. Kecerahan layar cukup baik, setara dengan Zenfone 5. Untuk SoC yang digunakan yaitu Snapdragon 630 (2.2 GHz Cortex-A53 + GPU Adreno 508), yang didampingi dengan RAM berkapasitas 4GB serta internal storage 64GB.

Zenfone 5Q dibekali dengan empat buah kamera, yaitu dua kamera depan dan dua kamera belakang. Di kamera depan terdapat sensor 20 MP Sony IMX 376, f/2.0 berukuran 1.0 mikron yang didampingi dengan kamera sekunder wide angle 8MP. Sedangkan pada kamera belakang dibekali dengan sensor 16MP aperture, f/2.2, serta sensor wide angle 8MP.

Dari segi sensor, perangkat ini cukup lengkap mulai dari proximity, acceleration, ambience light, compas hingga gyroscope telah tersedia. Perangkat ini juga telah dibekali fitur fingerprint dan face recognition untuk autentikasi, serta tersedia koneksi NFC. Baik Fingerprint maupun Face Unlocked bekerja dengan optimal dan responsive.

Zenfone 5Q ditenagai dengan baterai berkapasitas yang tidak begitu besar yaitu 3300mAh. Didukung dengan pengisian standar dengan output 5V 2A. Dari sisi konektivitas, tentunya Zenfone 5Q juga sudah mendukung semua jaringan 4G di tanah air. Sementara untuk jaringa Wi-Fi, perangkat ini memiliki dukungan wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac. Sehingga untuk wi-fi 5GHz juga perangkat ini sudah dapat diandalkan.

 

Dari sisi software, perangkat ini berjalan menggunakan ZenUI 4.0 dengan basis Android Nougat 7.1.1, dimana tersedia fitur-fitur unggulan seperti Mobile Manager, Optiflex, Audio Wizard, dan Selfie Master dapat digunakan oleh pengguna secara fungsional. Optiflex adalah fitur untuk memperceptak waktu membuka dari aplikasi-aplikasi tertentu yang dapat diplih oleh pengguna. ZenUI 4.0 terlihat lebih simple dan tidak terlalu banyak bloatware, namun pengguna juga tetap bisa leluasa mengkustomasi tampilan UI mereka.

Untuk paket penjualan, smartphone ini dibekali dengan aksesori antara lain adaptor charger, kabel USB dan juga clear case. Tidak begitu lengkap, karena tidak ada unit headset didalamnya, tapi setidaknya sudah tersedia clear case sehingga pengguna tidak perlu repot membeli lagi aksesori tersebut.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS