in: Highlights - Reviews | September 16, 2018 | by: Irham

Review ASUS Zenfone 5Q: Pilihan Menarik Yang Terlewatkan

Uji Performa

AnTuTu

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik. Kami menampilkan skor AnTuTu 6.0.1 dan 6.3.5 & AnTuTu 7.

Geekbench

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik. Kami menampilkan benchmark Geekbench 3 dan Geekbench 4.

3D Mark 

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

GFXBenchmark

Benchmark ini juga digunakan untuk melihat gambaran kemampuan dari sebuah smartphone dalam menangani pemrosesan grafis. Ada beberapa scene yang tersedia, yang masing-masing menawarkan beban yang berbeda, dan juga beberapa dengan API yang berbeda, sehingga benchmark ini kami anggap bisa mewakili gambaran performa smartphone dalam hal gaming. Tes yang ambil perbandingannya disini adalah T-Rex dan Manhattan ES 3.1 1080p.

PCMark Work

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut. Kami menampilkan skor PCMark 1.0 dan PCMark 2.0.

Dari pengujian yang kami lakukan menggunakan beberapa aplikasi benchmark diatas, Zenfone 5Q rupanya memiliki performa yang cukup baik. SoC Snapdragon 630 memiliki performa yang mirip namun sediikit diatas dari generasi pendahulunya yaitu Snadragon 625. Untuk kebutuhan seharian seperti browsing, chating sosmed, multitasking dan bermain game, smartphone ini tentunya sudah sangat bisa diandalkan.

Zenfone 5Q juga memiliki manajamen suhu yang baik, tidak panas saat diajak untuk aktivitas kerja berat. Kami juga menguji smartphone ini untuk bermain PUBG Mobile dengan setting low, sebagaimana rekomendasi untuk perangkat saat game pertama kali di instal, dan smartphone ini cukup lancar digunakan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS