in: Highlights - Reviews | September 16, 2018 | by: Irham

Review ASUS Zenfone 5Q: Pilihan Menarik Yang Terlewatkan

Kamera

Kami berekspektasi untuk fitur kamera, Zenfone 5Q bisa setidaknya kualitasnya berada sedikit di bawah Zenfone 5. Sehingga pengguna bisa menjadikan Zenfone 5Q sebagai alternatif Zenfone 5 dengan harga yang lebih terjangkau. Dimana smartphone ini dibekali dengan sensor  16MP + Wide Angle 8MP.  Tapi sayangnya perangkat ini belum mampu menjawab ekspektasi kami tersebut. Meski secara detail baik pada kamera depan dan belakang mampu memeberikan hasil yang cukup baik, tapi komposisi lainnya seperti kecerahan kontras dan kondisi low-light masih kurang baik. Dalam beberapa kondisi gambar terlihat overexposure dalam kondisi terang, semantara pada kondisi gelap terlihat kontras yang begitu tajam serta noise yang juga cukup banyak.

Secara experience juga tidak lebih baik dari generasi Zenfone 4, karena Zenfone 5Q juga terlihat minim fitur. Tidak banyak mode yang bisa dimainkan oleh pengguna selain mode Pro, Beauty dan Super resolution. Sementara para rival telah menghadirkan beragam fitur seperti AI mode, AR emoji dan sebagainya. Namun paling tidak, pengguna masih bisa bereksplorasi dengan wide angle dan juga kamera bokeh. Fitur EIS di Zenfone 5Q sayangnya juga tidak bekerja sebaik pada seri Zenfone 3, bahkan meski diklaim telah dibekali dengan EIS, kami tidak merasakan sama sekali adanya fitur itu bekerja saat perekaman video. Kami melihat semua kondisi ini sebenarnya masih dapat diperbaiki oleh ASUS melalui update software. Sayangnya hingga saat ini, belum ada update system yang membawa perubahan signifikan.

Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera belakang Zenfone 5Q:

Sedangkan pada kamera selfie, perangkat ini dibekali dengan sensor Sony IMX 376 20MP + Wide Angle 8MP 120 derajat. Hasil foto terlihat cerah di berbagai kondisi. Tingkat kecerahan cenderung stabil dan disesuaikan dengan kondisi pencahayaan disekitar. Pada kondisi backlight, foto juga mampu menyesuaikan dengan baik sehingga bagian wajah tetap terlihat dengan baik. Hanya saja dikondisi gelap, noise reduction yang bekerja membuat detail pda foto terlihat agak berkurang. Berikut beberapa foto menggunakan kamera depan Zenfone 5Q. Kamera depan Zenfone 5Q juga dibekali dengan sensor 8MP wide angle, yang bisa digunakan untuk group selfie, namun detail gambarnya tentu tak sebaik kamera dengan lensa normal. Overall, kamera selfie Zenfone 5Q cukup memuaskan.

Baterai

Zenfone 5Q memiliki kapasitas baterai yang tidak begitu besar yaitu 3300mAh, Namun untungnya SoC yang digunakan cukup hemat daya, karena Snapdragon 630 masih mirip dengan pendahulunya yaitu Snapdragon 625, hanya saja SoC ini memiliki clock CPU lebih tinggi dan juga generasi GPU lebih terbaru. Sehingga dalam urusan konsumsi daya pun tidak terlalu jauh berbeda. Kami melakukan pengujian dengan melakukan tes browsing. Hasilnya smartphone ini mampu bertahan selama 13 Jam 51 detik.

Sedangkan pada pengujian playback video HD, smartphone ini mampu bertahan dengan waktu selama 14 jam 14 menit. Mengingat layar lebih besar, dengan resolusi yang lebih besar, tentunya angka ini sudah sangat cukup baik. Untuk mengakomodir kebutuhan seharian pengguna, pastinya sudah cukup terpenuhi.

Dengan kapasitas daya yang tidak begitu besar, Zenfone 5Q dapat mengisi daya lebih cepat. Meskipun tanpa didukung dengan pengisian cepat QC, namun dengan adaptor standar yang tersedia pada paket penjualan yaitu dengan output 5V 2A, smartphone ini mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh selama 1 Jam 58 Menit.

Secara keseluruhan, manajemen pada pengunaan dan juga pengisian daya di Zenfone 5 Q bisa dibilang cukup memuaskan. Tidak ada kendala berarti untuk aspek ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS