in: News | September 18, 2018 | by: Tim Jagat Review

Smartphone 5G NR Lebih Panas, Butuh Pendingin Mumpuni

Berbagai vendor smartphone diberitakan tengah menyiapkan diri untuk menghadirkan smartphone 5G NR (New Radio) pertama mereka.  Berbeda dengan beberapa tahun terakhir kesulitan yang dihadapi oleh vendor smartphone meningkat dikarenakan akan mengalami kesulitan. Salah satunya adalah masalah panas yang dihasilkan smartphone 5G NR.

Seperti yang kami kutip dari Digitimes. Beberapa vendor smartphone seperti Huawei, Honor,  Xiaomi,  Oppo dan Lenovo dipercaya sebagai vendor pertama yang akan merilis smartphone 5G NR. Berdasarkan informasi yang ada, beberapa vendor smartphone ini menemui masalah yang sama dimana smartphone 5G NR menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan smartphone 4G LTE. Penggunaan dua jenis jaringan (Sub 6 Ghz & mmWave) dan chipset modem 5G NR yang terpisah dari SoC (System on Chip) utama diyakini sebagai penyebab panas tinggi yang dihasilkan smartphone 5G NR.

Huawei dan Honor kabarnya akan menggunakan metal heat spreaders sebagai pendingin untuk smartphone mereka yang akan menggunakan chipset dari HiSilicon.  Sedangkan  Oppo,  Xiaomi dan Lenovo akan menggunakan pendingin heatpipe untuk smartphone 5G NR rancangan mereka dengan menggunakan chipset dari Qualcomm.

Penemuan panas yang lebih tinggi pada smartphone 5G NR ini telah berdampak kepada para produsen pendingin smartphone yang kebanjiran order. Salah satunya adalah Auras Technology yang meningkatkan kapasitas produksi untuk pendingin smartphone dengan menggunakan area bekas produksi yang digunakan di pendingin server sebelumnya.

: , ,

COMMENTS