in: News | September 13, 2018 | by: Tim Jagat Review

Snapdragon Wear 3100 Tawarkan Baterai Smartwatch Lebih Hemat

Qualcomm dikenal sebagai produsen SoC (System on Chip) ternama untuk perangkat smartphone. Namun produsen asal Amerika Serikat itu juga turut menghadirkan SoC yang ditujukan untuk perangkat smartwatch. Saat ini diperkirakan ada 200 lebih perangkat smartwatch di pasaran dengan yang ditawarkan dari beragam vendor ternama, mulai Motorola, Apple, Samsung dan lain sebagainya.

Belum lama ini, Qualcomm dikabarkan merilis SoC baru untuk smartwatch, yaitu Snapdragon Wear 3100. SoC ini memiliki konfigurasi yang sama seperti versi sebelumnya yaitu Quad Core Cortex A7 @1.2 Ghz dan GPU Adreno 304. Namun Snapdradgon Wear 3100 ini memiliki Co-Processor Qualcomm QCC1110 yang berfungsi pendamping dari prosesor utama untuk membantu menangani display, audio dan sensor. Dengan begitu, beban CPU jadi lebih ringan dan menghasilkan daya tahan baterai irit hingga 15 jam dengan asumsi baterai smartwatch berkapasitas 450mAh.

Mendukung 3 Mode Tampilan Always On dengan Batterai Tahan Lama

Snapdragon Wear 3100 dirancang untuk mendukung tiga mode referensi tampilan always on. Pertama adalah Enhanced Ambient Mode untuk smartwatch fashion. Menghadirkan tampilan jam analog yang berjalan mulus 24 jam dengan fungsi adaptive brightness yang menyesuaikan kontras layar dengan kondisi pencahayaan sekitar.

Kedua adalah Dedicated Sport Experience, pengguna bisa lakukan aktivitas olahraga sembari melihat indikator kesehatan di smartwatch yang selalu aktif selama beraktivitas dengan daya tahan baterai 15 jam. Ketiga adalah mode jam analog biasa yang akan aktif 24 jam. Qualcomm menjanjikan daya tahan baterai seminggu penuh, walau kapasitas baterai berada di 15%. Kabarnya ada tiga perusahaan yang berminat ingin menghadirkan smartwatch dengan dukungan Snapdragon Wear 3100, di antaranya Montblanc, Louis Vuitton, dan Fossil Group.

: ,

COMMENTS