in: News | October 22, 2018 | by: Tim Jagat Review

Google Hadirkan Fitur Verifikasi Untuk Aplikasi Apps Sharing

Perkembangan smartphone semakin berkembang pesat akan tetapi tidak diiringi dengan perkembangan internet yang cenderung lambat.  Berbagai lokasi masih belum terkover jaringan cepat 4G LTE dan harga internet pun masih dirasa mahal oleh sebagian pengguna smartphone.

Alasan inilah yang membuat banyak bermunculan aplikasi file sharing berbasis P2P yang memungkinkan untuk mentransfer berbagai file termasuk aplikasi dan game antar pengguna smartphone. Aplikasi ini menggunakan teknologi Wi-Fi Direct yang memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dibandingkan Bluetooth yang menjadi andalan sebelumnya.

Sayangnya aplikasi tersebut tidak lepas dari masalah. Banyak pengguna yang melaporkan proses transfer aplikasi yang tidak aman yang sebelumnya didapatkan dari luar Playstore.

Google lantas tidak tinggal diam dan mengambil langkah dengan menambahkan metadata ke aplikasi yang ada di Playstore. Hal tersebut bertujuan untuk memungkinkan layanan keamanan Google Play Protect untuk memeriksa dan memverifikasi apakah file yang di transfer aman dan di install resmi dari Playstore atau tidak.

Walaupun kebijakan ini sudah mulai efektif semenjak bulan Juni lalu, fitur ini masih memiliki kekurangan karena hanya bisa aktif saat pengguna sedang online dan membuka Playstore.  Untuk itu, Google dikabarkan telah bekerjasama dengan developer pihak ketiga agar fitur verifikasi bisa dihadirkan secara offline.

Google mengumumkan terdapat tiga aplikasi yang telah mendukung fitur tersebut yakni SHAREit, Files GO dan Xender.  Sementara baru SHAREit yang telah merilis dukungan resmi, sedangkan untuk aplikasi lain akan menyusul di kemudian hari.

: ,

COMMENTS