in: Featured | October 10, 2018 | by: Tim Jagat Review

Perbandingan Umum Huawei Nova 3i dan Oppo F9

Kehadiran Huawei Nova 3i pada akhir bulan Juni 2018 lalu sebagai suksesor dari Huawei Nova 2i, membuat smartphone ini menjadi salah satu smartphone kelas menengah yang menarik tidak hanya secara performa dan storage-nya saja, tetapi juga dari segi tampilan desain dan warna bodi belakangnya yang mirip seperti gradasi warna yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro tempo hari.

Di kelas yang sama, Oppo telah kembali meluncurkan smartphone besutan terbarunya yang menjadi suksesor dari Oppo F7, yakni Oppo F9 yang tampil dengan berbagai peningkatan dan desain yang tak kalah menariknya. Dibanderol Rp 4,3 jutaan untuk varian 4GB/64GB, kami pun mencoba untuk mengadu kedua smartphone kelas menengah atas tersebut secara singkat. Bagaimana hasilnya?

Spesifikasi dan Desain

Dimulai dari Huawei Nova 3i, smartphone ini menggunakan SoC Kirin 710, dan dipasarkan dengan RAM 4 GB serta storage internal 128 GB. Layar smartphone ini berukuran 6.3″ dengan resolusi 2340 x 1080 piksel, dan hadir dengan notch di bagian atas layar. Smartphone ini mengusung empat buah kamera, dua untuk sistem kamera utama dan dua untuk sistem kamera selfie. Baterai 3340 mAh tersedia untuk menunjang penggunaan smartphone ini sehari-hari. Terkait konektivitas, smartphone ini hadir dengan dukungan WiFi 2.4 GHz (802.11 b/g/n), Bluetooth 4.2, serta Micro USB, selain tentunya seluler 4G. Sementara untuk sistem operasi, Nova 3i dibekali dengan Android 8.1, dengan EMUI 8.2.0.

Kemudian beralih ke Oppo F9, seperti pendahulunya smartphone ini hadir dengan SoC MediaTek Helio P60, dan hadir RAM 4GB dengan kapasitas storage 64GB yang bisa diekspansi hingga 256GB. Layar Oppo F9 berukuran 6.3″ dengan resolusi 2340 x 1080 piksel, juga dengan notch kecil berbentuk waterdrop di bagian atas. Smartphone ini dibekali baterai 3500 mAh, serta menggunakan Android 8.1 dengan ColorOS 5.2. Konektivitas yang tersedia di smartphone ini adalah 4G, WiFi dual-band (802.11 a/b/g/n/ac), Bluetooth 4.2, serta Micro USB.

Berikut adalah tabel perbandingan spesifikasi kedua smartphone itu:

Produk Huawei Nova 3i
Oppo F9
Layar 6.3” FHD+ 19.5:9 (2340 x 1080 piksel) 6.3” FHD+ 19:5:9 (2340 x 1080 piksel)
SoC/Processor Kirin 710 Helio P60
Memory/Storage 4 GB/128 GB 4 GB/64 GB
Baterai 3340 mAh 3500 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano
Micro SD (Hybrid)
2G/3G/4G
Wi-Fi 802.11 b/g/n
Wi-Fi Hotspot
Wi-Fi Bridge
Bluetooth 4.2
Dual-SIM Nano
Micro SD
2G/3G/4G
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Wi-Fi Hotspot
Bluetooth 4.2
Kamera Kamera belakang: 16 MP f/2.2 + 2 MP
PDAF, LED Flash
Kamera belakang: 16 MP f/1.8 + 2 MP f/2.4
PDAF, LED Flash
Kamera selfie: 24 MP + 2 MP Kamera selfie: 25 MP f/2.0
Sistem Operasi Android 8.1 “Oreo” + EMUI 8.2.0 Android 8.1 “Oreo” + ColorOS 5.2
Harga Rp 4.199.000,- Rp 4.299.000,-

Membandingkan kedua spesifikasinya secara harafiah, harus diakui bahwa Huawei Nova 3i memiliki keunggulan dari segi storage internal yang besar di 128GB untuk smartphone kelas menengah saat ini, yang membuatnya nampak lebih menarik untuk dimiliki. Apalagi Huawei masih memberikan slot microSD card untuk bisa menambahkan kapasitas storage lebih besar lagi hingga 256GB. Walau begitu, Oppo F9 juga cukup unggul terutama dari segi baterai yang sedikit lebih besar, serta memiliki slot dedikasi tersendiri untuk microSD card dan bukan tipe hybrid, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk bisa menyematkan dua buah SIM sekaligus dengan microSD card di dalam smartphone yang sama.

Karena Oppo F9 juga menggunakan Helio P60, seharusnya perbandingan performanya sendiri tidak akan jauh berbeda seperti yang pernah kami ulas secara singkat pada uji performa antara Huawei Nova 3i dengan Oppo F7 tempo hari.

Setelah spesifikasi, mari kini kita beralih kepada desain smartphone masing-masing secara keseluruhan. Kedua smartphone ini didesain sama-sama cantik, dengan Huawei Nova 3i memiliki bodi belakang bergradasi Iris Purple yang cerah dan mencolok, sementara Oppo F9 hadir dengan pattern diamond serta varian warna yang beragam, juga turut menyematkan Starry Purple sebagai edisi khusus yang rilis beberapa hari setelah Oppo F9 warna Sunrise Red dan Twilight Blue.

Dari segi warna, jujur saja kedua smartphone ini memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Huawei Nova 3i memiliki warna gradasi Iris Purple yang kurang lebih hampir mirip dengan yang hadir pada Huawei P20 Pro, hanya saja pada Nova 3i warna gradasi ini dibuat lebih mencolok dan terlihat cerah seperti warna pada kaca. Menarik? Tentu saja, karena warna yang dimiliki oleh Huawei Nova 3i ini memang cukup unik dan hampir tidak ada smartphone lain yang memiliki gradasi warna sama, kecuali dari produk Huawei sendiri. Dari segi warna, jujur saja kedua smartphone ini memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Huawei Nova 3i memiliki warna gradasi Iris Purple yang kurang lebih hampir mirip dengan yang hadir pada Huawei P20 Pro, hanya saja pada Nova 3i warna gradasi ini dibuat lebih mencolok dan terlihat cerah seperti warna pada kaca. Menarik? Tentu saja, karena warna yang dimiliki oleh Huawei Nova 3i ini memang cukup unik dan hampir tidak ada smartphone lain yang memiliki gradasi warna sama, kecuali dari produk Huawei sendiri.

Sementara itu, Oppo F9 yang memiliki tiga pilihan warna, menghadirkan juga desain warna gradasi walau tidak terlalu terlihat cukup jelas jika hanya dilirik sekilas. Pola diamond pada bodi belakang juga baru terlihat jika smartphone berada di cahaya terang. Pilihan warna Oppo F9 sendiri terbilang menarik, dengan memberikan warna cerah tetapi tidak terkesan “murahan”, sehingga smartphone masih akan terlihat elegan. Sementara itu, Oppo F9 yang memiliki tiga pilihan warna, menghadirkan juga desain warna gradasi walau tidak terlalu terlihat cukup jelas jika hanya dilirik sekilas. Pola diamond pada bodi belakang juga baru terlihat jika smartphone berada di cahaya terang. Pilihan warna Oppo F9 sendiri terbilang menarik, dengan memberikan warna cerah tetapi tidak terkesan “murahan”, sehingga smartphone masih akan terlihat elegan.

Baik Huawei Nova 3i maupun Oppo F9 memiliki keunikan tersendiri, dan semua akan kembali kepada pendapat para calon pembeli perihal mana desain smartphone yang lebih cantik dibandingkan yang lain. Yang jelas, masing-masing smartphone akan mampu memberikan identitas dan personalisasi tersendiri untuk bisa mendukung gaya hidup penggunanya. Memilih smartphone dari segi desain bodi, tentunya akan bergantung kepada preferensi para calon penggunanya sendiri-sendiri. Yang jelas, masing-masing smartphone akan mampu memberikan identitas dan personalisasi unik untuk bisa mendukung gaya hidup penggunanya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , ,

COMMENTS