in: Featured | October 10, 2018 | by: Tim Jagat Review

Perbandingan Umum Huawei Nova 3i dan Oppo F9

Perbandingan Kamera

Kamera Huawei Nova 3i terdiri dari empat buah kamera, di mana kamera belakang memiliki sensor beresolusi 16 MP f/2.2 + 2 MP dan kamera depan atau selfie memiliki sensor beresolusi 24 MP f/2.0 + 2 MP. Sementara Oppo F9 memiliki dua kamera belakang yang beresolusi 16 MP f/1.8 + 2 MP f/2.4, serta kamera depan satu sensor beresolusi 25 MP f/2.0.

Sebagai perbandingan nyata dari kedua kamera dari dua smartphone ini, bisa dilihat dari beberapa hasil foto yang kami tangkap berikut:

Kamera Belakang, Landscape

Huawei Nova 3i, landscape tanpa AI
Oppo F9, tanpa super vivid
Huawei Nova 3i, landscape dengan AI
Oppo F9, super vivid

Hal yang cukup menarik terlihat di sini adalah fakta bahwa Huawei Nova 3i cenderung memberikan white balance yang lebih yellowish ketimbang Oppo F9 yang lebih “putih”. Keduanya sama-sama memperlihatkan kenaturalan warna dan kontras foto landscape yang sesungguhnya sama-sama baik, tinggal bergantung kepada pengguna lebih menyukai hasil foto yang mana. Karena sementara Oppo F9 mampu memberikan saturasi warna seimbang terutama pada Super Vivid, hasil fotonya memperlihatkan tingkat terang outdoor yang sedikit kurang natural, sementara Huawei Nova 3i masih memperlihatkan bahwa situasi outdoor yang diambil memang sesuai dengan kenyataan di lapangan, panas terik matahari yang menyengat sehingga hampir memperlihatkan beberapa objek foto cenderung lebih “kuning”.

Kamera Belakang, Kontras Warna

Huawei Nova 3i, detail shot tanpa AI
Oppo F9, tanpa super vivid
Huawei Nova 3i, detail shot dengan AI
Oppo F9, super vivid
Huawei Nova 3i, makro tanpa AI
Oppo F9, tanpa super vivid
Huawei Nova 3i, makro dengan AI
Oppo F9, super vivid

Hasil foto yang lebih terlihat dari segi warna bisa dilihat pada perbandingan di atas, di mana Huawei Nova 3i cukup mumpuni untuk memberikan kontras dan saturasi warna yang lebih natural terlihat, tanpa berlebihan memberikan kontras warna objek foto. Tanpa perlu mengaktifkan AI, Huawei Nova 3i bisa memberikan detil kontras dan warna yang terbilang baik, seperti pada foto rumput pertama yang terlihat lebih hijau, atau pada bunga yang betul memberikan warna oranye seperti objek aslinya.

Kamera Belakang, Low Light

Huawei Nova 3i, low light (mode Auto)
Oppo F9, low light
Huawei Nova 3i, Night Mode
Huawei Nova 3i, HDR
Oppo F9, low light

Mampu menampilkan foto berkualitas baik pada kondisi Low Light bisa dibilang adalah hal yang umumnya sulit untuk dicapai oleh beberapa jenis smartphone kelas menengah atas, dan biasanya hanya bisa diperoleh dengan maksimal jika mengatur sendiri setting kamera manualnya. bagian foto. Untuk bisa memberikan low light terbaik, Oppo F9 hanya bergantung kepada HDR yang perlu diaktifkan untuk mengambil foto malam yang menarik, sementara Huawei Nova 3i memiliki mode Night dan HDR terpisah yang bisa digunakan oleh pengguna ketika mengambil foto malam atau kondisi cahaya gelap. Hanya saja, satu kekurangan dari Night Mode pada Huawei Nova 3i adalah fakta bahwa smartphone ini membutuhkan waktu 15 detik ketika kondisi cahaya cederung lebih gelap, sehingga pengguna perlu bersusah payah untuk menaruh smartphone pada platform yang lurus dan tidak mudah bergerak seperti tripod misalnya untuk bisa mengambil foto Night Mode tanpa terjadi blur.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , ,

COMMENTS