in: Featured | October 10, 2018 | by: Tim Jagat Review

Perbandingan Umum Huawei Nova 3i dan Oppo F9

Kamera Selfie, Tanpa Bokeh

Huawei Nova 3i, selfie indoor tanpa bokeh
Oppo F9, selfie indoor tanpa bokeh
Huawei Nova 3i, selfie outdoor tanpa bokeh
Oppo F9, selfie outdoor tanpa bokeh

Kamera Selfie, Bokeh

Huawei Nova 3i, selfie indoor, bokeh
Oppo F9, selfie indoor bokeh
Huawei Nova 3i, selfie outdoor, bokeh
Oppo F9, selfie outdoor bokeh

Secara garis besar, kedua smartphone nampak punya potensi besar pada kamera selfie masing-masing. Huawei Nova 3i memiliki kecenderungan untuk memberikan kontras warna lebih cerah, sementara Oppo F9 terlihat lebih natural. Dan untuk efek bokeh, kedua smartphone punya keunggulan masing-masing, hanya saja Oppo F9 terlihat sedikit lebih rapi dalam memberikan efek depth of field tersebut.

Kesimpulan

Mengesampingkan performa dan desain keseluruhan, yang seharusnya akan kembali lagi dari preferensi para penggunanya, Huawei Nova 3i jelas akan lebih unggul dari aspek kameranya karena memiliki begitu banyak mode dan fitur menarik yang bisa dipilih oleh penggunanya untuk mengambil foto dalam beragam situasi dan obyek yang hendak difoto. Pertanyaannya, kamera seperti apa yang calon penggunanya akan mencari di dalam sebuah smartphone? Apakah akan lebih membutuhkan kualitas foto kamera belakangnya yang lebih baik, atau cenderung senang melakukan selfie setiap saat sehingga kamera depan wajib lebih bagus? Perlu diingat bahwa segmentasi awal dari kedua smartphone ini cukup berbeda, di mana Huawei Nova 3i nampak akan lebih unggul dari segi kamera secara keseluruhan, penggunaanya secara all around dan kelengkapan fitur bawaannya, sementara Oppo F9 mungkin akan lebih unggul dari segi kamera selfie-nya serta bagaimana ia bisa memberikan saturasi warna menarik di beberapa kondisi pencahayaan dan objek.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga, adalah besar kapasitas storage yang dimilikinya. Semakin sering pengguna menggunakan smartphone untuk fotografi, semakin besar juga kapasitas storage yang harus dimiliki oleh sebuah smartphone. Huawei Nova 3i tergolong sebagai satu dari sedikit smartphone kelas menengah yang bisa memberikan kapasitas 128GB, dan masih bisa ditambahkan lagi dengan microSD eksternal jika membutuhkan kapasitas lebih besar untuk menyimpan foto, walau sayangnya tipe slot yang dimilikinya masih tipe hybrid sehingga perlu mengorbankan salah satu slot yang seharusnya bisa digunakan untuk SIM card kedua.

Jadi, semua pilihan akan kembali kepada para calon penggunanya. Butuh smartphone kelas menengah dengan desain menarik, kamera depan dan belakang yang kaya fitur dan bisa digunakan secara general untuk berbagai situasi, lengkap dengan kapasitas storage besar sehingga mudah untuk menyimpan semua foto yang diambil tersebut? Huawei Nova 3i bisa menjadi pilihan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , ,

COMMENTS