in: Featured - Highlights - Reviews | November 1, 2018 | by: Irham

Huawei Nova 3i Vs iPhone X: Mencari Fitur Flagship di Harga Rp. 3 Jutaan

Perbandingan Fitur Kamera

Untuk fitur kamera, Nova 3i dibekali kamera depan sensor 24MP f/2.0 + 2 MP Depth Sensor, sedangkan kamera utama atau kamera belakang menggunakan sensor 16 MP f/2.2 + 2MP Depth sensor. Sedangkan iPhone X, dibekali dengan sensor utama 12 MP, f/1.8F dan sensor sekunder 12 MP, f/2.4, yang didukung dengan fitur OIS, PDAF dan 2x optical zoom. Kami mencoba menguji kemampuan kamera antara kedua perangkat dengan beberapa mode yang ada di kedua smartphone tersebut.

Normal (AI Mode)

Foto-foto menggunakan iPhone X memperlihatkan detail yang sangat baik dan menunjukan kelasnya sebagai smartphone premium. Dengan detail yang terekam dengan baik, tentunya akan lebih leluasa bagi pengguna untuk proses lebih lanjut seperti editing dan lain sebagainya.

Namun untuk urusan warna, Nova 3i dengan mode AI-nya berhasil tampil lebih menarik. Tone warna dan level exposure yang disesuaikan dengan setiap kondisi, menghasilkan foto yang terlihat sangat menarik. Apalagi bagi kebanyakan orang yang awam dengan proses editing, dengan menggunakan Nova 3i kita bisa langsung mengunggah setiap foto yang diabadikan ke sosial media tanpa repot lagi mengatur warna, kontras cahaya dan lain sebagainya.

Berikut perbandingan foto-foto antara iPhone X dan Nova 3i, dimana iPhone X dengan mode auto dan HDR auto, sedangkan Nova 3i dalam kondisi AI Mode dan HDR auto. .

 

Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X

Potrait / Wide Aperture

Hasil foto potrait/bokeh antara keduanya sama-sama baik. Namun untuk urusan detail, iPhone X masih memperlihatkan keunggulannya. Baik di iPhone X dan Nova 3i, bagian blur dan fokus dapat dipisahkan dengan cukup rapih. Namun di Huawei Nova 3i berkat mode wide aperture yang dapat dipilih manual, menjadikannya kelebihan dibandingkan iPhone X yang hanya tersedia mode potrait otomatis saja. Selain itu, saat mengaktifkan mode potrait di iPhone X, angle menjadi lebih sempit sehingga kita kurang leluasa saat mengabadikan foto.

Mode potrait di Nova 3i dapat digunakan lebih optimal saat mengabadikan foto dengan subjek orang, sedangkan wide aperture dengan tingkat blur yang dapat diatur sesuka hati, bisa digunakan untuk mengambil foto dengan subjek benda dan lain sebagainya. Berikut perbedaan antara iPhone X dan Nova 3i untuk fitur potrait/bokeh.

Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X
Foto menggunakan Nova 3i
Foto menggunakan iPhone X

Lowlight

Untuk urusan Lowlight, iPhone X tampil dengan kelasnya sebagai smartphone kelas flagship. Detail yang ditampilkan pada foto terlihat lebih baik, serta noise pada gambar juga terlihat lebih minim.

Foto menggunakan iPhone X

Namun pada Nova 3i, untuk smartphone dengan kelas harga yang jauh berbeda rupanya juga tidak mengecewakan. Gambar tampak lebih gelap dengan detail agak kurang dan noise juga terlihat lebih banyak.

Foto menggunakan Nova 3i Mode Normal

Dan berkat bantuan fitur Night Shot, kita bisa mengabadikan foto dikondisi gelap dengan lebih baik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan shutter speed yang lebih lambat, agar kamera mendapatkan cahaya yang lebih banyak saat merekam gambar. Sehingga foto yang dihasilkan bisa jauh lebih optimal dengan pencahayaan yang lebih baik, serta noise yang lebih minim

Selfie

Kemampuan selfie dari kamera Nova 3i terbilang cukup mumpuni apalagi smartphone ini juga dibekali dengan kamera depan dual sensor dengan megapiksel besar yaitu 24MP ditambah depth sensor 2MP. Smartphone ini tak hanya mampu mengabadikan foto selfie dengan detail yang baik tapi juga bisa mengambil foto selfie bokeh yang cukup menawan. Hasilnya bisa kalian lihat seperti foto dibawah ini.

Foto menggunakan Nova 3i

Sementara pada iPhone X, hanya dibekali single sensor 7MP pada kamera depannya. Hasil fotonya memang memiliki detail yang baik, hanya saja kamera depan iPhone X memiliki angle foto yang terlihat sempit.Tapi meskipun hanya menggunakan single sensor, kita tetap dapat mengabadikan foto selfie bokeh dan detail yang juga tetap baik. Untuk warna, iPhone X mampu menampilkan warna yang terlihat lebih natural terutama untuk warna kulit yang lebih sesuai dengan wajah pengguna. Baik iPhone X maupun Nova 3i juga sama-sama memiliki fitur 3D lighting, yang bisa kalian coba manfaatkan untuk kreasi gaya foto kalian.

Foto menggunakan iPhone X
3D Lighting di mode potrait
Daftar Isi
Pages: 1 2 3

COMMENTS