in: Reviews | November 13, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Honor 8X

Kamera

Sebagai smartphone masa kini yang menggunakan dua kamera belakang dengan resolusi 20 MP + 2 MP, Honor 8X mampu menangkap detil serta kontras warna yang cukup menarik. Dilengkapi dengan teknologi AI pada kameranya, di mana teknologi ini menjadi salah satu poin utama yang diunggulkan oleh Honor pada produk barunya ini, tentunya akan membuat smartphone mampu menangkap foto dengan ketajaman warna dan kontras pencahayaan yang lebih baik lagi. Kamera belakang yang memiliki bukaan f/1.8 dan fitur PDAF ini juga mampu mengambil gambar dengan cukup cepat ketika shutter button ditekan, sehingga akan memudahkan mereka untuk memotret momen secara candid.

mode lainnya pada kamera bawaan smartphone
tampilan mode Pro

Software kamera bawaan smartphone sendiri juga memiliki beragam mode yang bisa digunakan untuk memotret atau mengambil video, mulai dari kemampuan untuk mengambil foto dalam kondisi low light dengan Night Mode, mode Portrait yang bisa diaktifkan fitur bokeh-nya, mode Aperture untuk efek bokeh yang bisa diatur, HDR, Timelapse, Panorama hingga Light Painting. Tentunya, mode Pro juga diberikan untuk memungkinkan pengguna dalam mengatur sendiri pengaturan kamera yang diinginkan.

Sama seperti pada software kamera milik Huawei, Night Mode pada Honor 8X ini juga membutuhkan waktu setidaknya 4 hingga 7 detik, tergantung seberapa gelap pencahayaan objeknya, untuk bisa menangkap hasil foto malam atau low light yang terbaik. Untuk mode ini, disarankan menggunakan tripod untuk mencegah terjadinya blur ketika hanya dipegang dengan tangan saat proses pengambilan foto berlangsung.

Secara umum, hasil foto dari Honor 8X ini tergolong mumpuni dan cukup menarik, terutama jika para penggunanya senang mengambil foto untuk diunggah ke media sosial, misalnya. Mode foto yang banyak bisa menjadi alternatif pilihan pengguna ketika hendak memotret pemandangan maupun objek tertentu, di mana masing-masing mode mampu menghasilkan beragam hasil foto yang memukau. Hanya saja, terkadang AI pada kamera memberikan kontras dan saturasi warna yang berlebihan atau terlalu terang, sehingga tidak semua objek foto terlihat menarik ketika AI dinyalakan.

Kamera selfie dari Honor 8X memiliki sensor beresolusi 16 MP yang juga telah dilengkapi dengan teknologi AI, sehingga foto selfie yang ditangkap oleh smartphone ini diklaim akan terlihat jauh lebih baik dan berkualitas tinggi. Walau tidak memiliki sensor kamera kedua, Honor 8X masih bisa digunakan untuk menangkap foto selfie dengan efek bokeh atau aperture. Harus diakui, efek bokeh yang didapat lewat kamera selfie smartphone ini masih terkesan kasar dan belum benar-benar rapi terutama pada bagian helai rambutnya. Namun demikian, hasil foto selfie dalam kondisi pencahayaan terang tergolong cukup baik dan masih mumpuni untuk digunakan.

Baterai

Tes baterai pertama yang kami gunakan untuk menguji daya tahan dari Honor 8X ini adalah dengan aplikasi benchmark PCMark Work Battery Life 2.0. Kami mulai menggunakan aplikasi ini kembali karena dukungan terhadap beberapa jenis smartphone terbaru saat ini sudah ada dan bisa digunakan. PCMark sendiri menguji dengan menjalankan beragam jenis aktivitas multimedia secara terus-menerus hingga baterai mencapai angka 20 persen. Dengan menguji menggunakan aplikasi ini, Honor 8X teruji mampu bertahan hingga 9 jam 59 menit.

Sementara dengan protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Honor 8X dapat bertahan selama 15 jam 1 menit. 

Untuk tes video, dengan menggunakan looping video 720p secara terus-menerus hingga baterai habis, Honor 8X mampu bertahan hingga 14 jam 12 menit.

Sementara untuk hasil uji tes pengisian ulang baterainya, Honor 8X membutuhkan waktu 2 jam 1 menit untuk bisa terisi ulang hingga penuh.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS