in: Reviews | November 13, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Honor 8X

Kesimpulan

Dari segi desain, harus diakui bahwa desain dari Honor 8X ini sedikit berbeda dengan kebanyakan smartphone yang sekelas, yang tengah mengikuti tren warna gradasi. Honor 8X tampil dengan desain dan bodi yang keren dengan dual tone miliknya, yang membuat smartphone ini memiliki keunikan tersendiri. Harus diakui, warna Biru dan Merah yang ditawarkan oleh smartphone ini terlihat menawan dan elegan. Ditambah dengan bezel yang tipis juga notch yang bisa dihilangkan jika pengguna lebih menyukai display tanpa notch, Honor 8X akan memberikan kepuasan tersendiri ketika pengguna mengoperasikan, maupun melakukan aktivitas multimedia lewat smartphone ini.

Dipersenjatai dengan Kirin 710 dan RAM 4GB, Honor 8X diekspektasi mampu melakukan multitasking dan gaming yang lebih baik, terlebih GPU Turbo juga akan diberikan untuk smartphone ini. Namun dari perbandingan performanya dengan smartphone lain, agak disayangkan Honor 8X masih sedikit kalah untuk performanya secara keseluruhan, walau harus diakui bahwa performa ini dinilai masih lebih dari cukup untuk aktivitas smartphone sehari-hari. Apalagi daya tahan baterainya terbilang baik untuk digunakan keseharian, dengan lama waktu charging kurang lebih 2 jam yang tidak bisa dibilang sangat lama.

Performa kamera yang telahd dilengkapi dengan AI pada Honor 8X juga patut diberi acungan jempol. Kamera belakang mampu menangkap detil gambar, pencahayaan maupun warna yang mumpuni, bahkan bisa terlihat lebih menarik ketika fungsi AI dinyalakan. Fungsi AI pada Honor 8X sendiri masih mengalami sedikit hit and miss, di mana dalam beberapa kondisi tertentu fungsi AI cenderung berlebihan dalam memberikan ketajaman warna atau eksposur cahayanya. Tak ketinggalan, Night Mode pada Honor 8X lebih sederhana untuk digunakan dan tak perlu menahan smartphone terlalu lama, walau tetap disarankan untuk menggunakan tripod ketika mengambil foto malam. Sementara untuk kamera depan, detil warna dan ketajaman gambar masih terlihat baik. Efek bokeh tetap bisa digunakan agar foto selfie bisa menjadi lebih menarik, walau harus diakui efek bokeh pada kamera depan masih sedikit kasar terutama pada bagian rambut.

Honor 8X dibanderol dengan harga resmi Rp 3.999.000, Honor 8X bisa menjadi opsi menarik sebagai smartphone kelas menengah yang bertenaga, berkapasitas storage internal besar di 128 GB, kamera ganda unggulan dengan teknologi AI, dan baterai yang tahan lama.

Kelebihan (+):

  • Desain menarik
  • Layar rasio 19:9 dengan bezel tipis
  • Kapasitas storage internal besar (128 GB)
  • Slot untuk Dual SIM dan microSD card terpisah (dedicated)
  • Software kamera bawaan punya fungsi dan fitur lengkap
  • Hasil kamera belakang lebih dari cukup, Night Shot tak butuh waktu lama
  • Daya tahan baterai cukup lama

Kekurangan (-):

  • Tidak ada Fast Charging
  • Efek bokeh untuk kamera selfie masih kurang rapi
  • Karena bodi utamanya terbuat dari material kaca, mudah terjiplak sidik jari/harus pakai softcase tambahan
  • Fungsi AI pada kamera terkadang berlebihan/warna dan kontras pencahayaan terlalu terang

Key Spec:

Produk Honor 8X
Layar 6,5″ 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
IPS LCD
SoC/Processor Hisilicon Kirin 710
Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G51 MP4
Memory/Storage 4 GB/128 GB
up to 400 GB
Baterai 3750 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano, Micro SD, 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, microUSB 2.0, USB On-The-Go
Kamera Kamera belakang: 20 MP, f/1,8, PDAF + 2 MP, depth sensor
Kamera selfie: 16 MP, f/2.0
Sistem Operasi Android 8.1 “Oreo”
EMUI 8.2
Harga Rp 3.999.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS