in: Reviews | November 12, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Review Smartphone ASUS ZenFone 5Z: Kencang, Menarik, dan (Cukup) Murah

Fitur Tambahan di ZenUI 5.0

Seperti yang ditawarkan ASUS di ZenFone 5, ZenFone 5Z ini juga hadir dengan beberapa fitur tambahan, yang mungkin berguna, di ZenUI 5.0 yang diusungnya. Beberapa fitur terkait AI, seperti AI Charging dan AI Ringtone tersedia, untuk pengaturan otomatis fitur sesuai dengan kebiasaan pengguna. Ada juga OptiFlex, yang memungkinkan aplikasi dibuka lebih cepat, yang pengaturannya bisa dilakukan secara manual oleh pengguna atau secara otomatis dengan membiarkan sistem “mempelajari” pola penggunaan sehari-hari pengguna.

Twin Apps juga tersedia, untuk login dengan dua ID berbeda untuk aplikasi social media atau instant messaging. Game Genie juga disiapkan untuk mendukung kenyamanan pengguna ketika bermain game. Selain kedua fitur itu, ASUS juga menawarkan beberapa fitur tambahan lain seperti Page Marker, Kids Mode, Easy Mode, serta beberapa opsi gesture untuk mendukung kenyamanan pengguna.

Kesimpulan

(+)

  • Kualitas layar yang baik
  • Bodi kokoh, desain terbilang menarik dengan gaya “modern”
  • Tersedia WiFi AC dan NFC
  • Performa tinggi dengan Snapdragon 845
  • Storage sangat besar, membuat Micro SD mungkin tidak lagi diperlukan
  • Kamera utama (12 MP f/1.8) dengan kualitas baik
  • Fitur di kamera yang cukup lengkap
  • Beberapa fitur dan gesture input bawaan ZenUI 5.0 yang cukup membantu
  • Selfie Master, dengan fitur lengkap, termasuk untuk live streaming, dan tambahan ZeniMoji
  • Tersedia EIS untuk perekaman video dengan kamera utama
  • Fast charging, dengan daya tahan baterai yang terbilang baik

(+/-)

  • Tersedia fitur AI Boost, tetapi tidak menawarkan lompatan performa. Walaupun begitu, performa Snapdragon 845 sendiri sudah sangat tinggi, membuat AI Boost mungkin tidak dibutuhkan.
  • Desain sama dengan ZenFone 5, membuat smartphone ini tidak terkesan “eksklusif” walaupun merupakan smartphone flagship ASUS.
  • Bodi belakang sangat mudah kotor, tetapi bisa diatasi dengan jelly case di paket penjualan
  • Tersedia dual-speaker dengan efek “stereo” dan Audio Wizard, tetapi sedikit terasa aneh karena volume suara yang tidak seimbang

(-)

  • Kamera wide-angle untuk sistem kamera utama menawarkan detail foto yang kurang
  • Bokeh di kamera selfie terlalu kuat, dan tidak bisa diatur kekuatannya
  • Jelly case di paket penjualan membuat tombol volume +/- sulit ditekan
  • Tidak ada fitur “premium” seperti wireless charging, sertifikasi “IP”, dan beberapa hal lain

 

 

ZenFone 5Z ini hadir sebagai smartphone flagship ASUS di generasi ini, yang dikemas sebagai smartphone premium dengan harga yang terbilang cukup murah. Memang, harga smartphone ini masih ada di atas Rp 7 juta, tepatnya Rp 7.499.000, tetapi harga itu sendiri terbilang murah mengingat spesifikasi yang ditawarkan. Ya, dengan mengusung desain yang menarik, salah satu SoC terkencang saat ini, kamera mumpuni, dan RAM serta storage yang besar, ZenFone 5Z ini bisa dikatakan sangat menarik di harga tersebut!

Performa tinggi yang didukung SoC Snapdragon 845 bisa didapatkan dari smartphone yang satu ini. Kamera yang baik juga hadir, menambah daya tariknya. Konektivitas modern, seperti WiFi AC dan NFC, juga hadir mendukung penggunaan smartphone ini. Memang, beberapa hal seperti dukungan wireless charging serta sertifikasi ketahanan terhadap air dan debu yang mulai banyak dijumpai di smartphone premium era saat ini tidak hadir di smartphone ini. Namun, hal itu bisa dimaklumi mengingat harga smartphone ini yang berada di bawah smartphone premium dari merek-merek lain yang beredar saat ini.

Kamera dengan kualitas baik, menghasilkan foto memadai untuk berbagai kebutuhan, tersedia di ZenFone 5Z ini. Bukan yang terbaik memang, tetapi kualitas seperti yang ditawarkan ZenFone 5Z ini cukup sulit dijumpai di smartphone dengan harga di kelas smartphone ini. Selain itu, banyaknya fitur pendukung pemotretan di smartphone ini juga menjadi nilai lebih untuk yang mencari smartphone untuk fotografi, bahkan untuk mengambil video sekalipun.

Beberapa fitur berbasis AI juga tersedia di smartphone ini, termasuk AI Boost. Sayangnya, di ZenFone 5Z ini, AI Boost kurang begitu terasa, yang bisa jadi disebabkan karena Snapdragon 845 yang digunakan di smartphone ini sudah sangatlah kencang. Tanpa fitur tersebut, performa dari smartphone ini sudah berada di titik yang bisa dikatakan sangat tinggi di antara smartphone-smartphone Android saat ini.

Secara keseluruhan, ZenFone 5Z ini merupakan smartphone yang menarik, cocok untuk yang menginginkan smartphone flagship dengan performa tinggi, kamera yang baik, serta storage yang besar, tanpa harus mengeluarkan dana lebih tinggi lagi untuk mendapatkan fitur yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Di kelas harganya, mungkin cukup sulit mencari lawan yang benar-benar sepadan bagi ZenFone 5Z ini. Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, apa yang ditawarkan ASUS di smartphone flagship mereka ini menurut kami patut diapresiasi.

 

 

Produk ZenFone 5Z (ZS620KL)
Layar 6.2” Full HD+ (2246 x 1080 px) 18.7:9
SoC/Processor Snapdragon 845
Kryo 385 Octa-Core (4x 2.7 GHz + 4x 1.7 GHz)
GPU Adreno 630
Memory/Storage 8 GB/256 GB
Baterai 3300 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano, Micro SD (Hybrid), 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 2.4 GHz & 5 GHz, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth 5.0, NFC
Kamera Kamera belakang: 12 MP + 8 MP; PDAF, Dual-LED Dual-Tone Flash; Gyro EIS
Kamera selfie: 8 MP; Gyro EIS
Sistem Operasi Android 8.0 “Oreo” + ZenUI 5.0
Harga Rp 7.499.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS