Review Smartphone ASUS ZenFone 5Z: Kencang, Menarik, dan (Cukup) Murah

Reading time:
November 12, 2018

Beberapa bulan lalu, ASUS mengumumkan jajaran smartphone baru mereka yang akan hadir di Indonesia, dari lini ZenFone 5 Series. Saat itu, terdapat tiga smartphone yang disebut ASUS akan hadir, yaitu ZenFone Live, ZenFone 5, dan yang produk flagship mereka, ZenFone 5Z! Hadirnya ZenFone 5Z ke Indonesia tentu saja merupakan hal yang menarik, mengingat di generasi sebelumnya ASUS tidak menghadirkan perangkat flagship mereka ke Indonesia, karena beberapa alasan.

ASUS ZenFone 5Z 13

Memang, saat pengumuman beberapa bulan lalu itu, ASUS masih belum bisa memastikan kapan ZenFone 5Z akan mulai mereka pasarkan. Namun, setelah beberapa bulan menunggu, smartphone itu akhirnya siap bersaing di pasar smartphone kelas atas Indonesia! Tim Jagat Gadget pun mendapatkan kesempatan untuk mencoba kemampuan dari ZenFone 5Z ini.

Hal apa saja yang ditawarkan ASUS di smartphone flagship ini? Mari kita bahas dalam artikel review ini!

Desain

Mari kita mulai dengan membahas secara singkat desain ASUS ZenFone 5Z ini. Sepintas, desain ZenFone 5Z ini akan terlihat sangat familiar, terutama bila Anda mengikuti review-review smartphone yang pernah kami buat. Hal tersebut wajar, karena memang desain ZenFone 5Z ini sama persis dengan ZenFone 5, yang reviewnya sudah kami rilis beberapa bulan lalu.

ASUS ZenFone 5Z 05

ZenFone 5Z ini menggunakan desain “modern”, dengan layar 6.2″ dengan resolusi 2246 x 1080 piksel yang memiliki notch. Layar ini menggunakan panel IPS dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, serta memiliki color gamut 96% DCI-P3, yang membuatnya bisa dikatakan menawarkan rentang warna yang sangat baik untuk menikmati konten multimedia. Rasio layar smartphone ini, dibandingkan penampang depan bodi, ada di kisaran 84%, bukan yang tertinggi, tetapi terbilang baik untuk saat ini, dengan dimensi bodi 153 x 75.7 x 7.9 mm. Dimensi itu membuat smartphone ini memiliki lebar dan tinggi sama dengan ZenFone 5, dengan tebal berbeda 2 mm saja.

ASUS ZenFone 5Z 04 ASUS ZenFone 5Z 07

Smartphone ini memiliki tiga buah tombol fisik, yaitu power dan volume up/down, yang semuanya ditempatkan di sisi samping kanan. Tidak ada tombol navigasi fisik di smartphone ini. Tray SIM bisa diakses dari sisi samping kiri smartphone, di mana tray tersebut merupakan tipe hybrid, yang bisa menampung 1 Nano SIM dan 1 Micro SD atau 2 Nano SIM. Sementara untuk port konektivitas, terdapat USB Type C dan audio jack yang terletak di sisi bawah smartphone.

ASUS ZenFone 5Z 14

Terkait dengan tombol fisik di sisi samping kanan smartphone ini, karena desain yang sama persis dengan ZenFone 5, sedikit kekurangan di ZenFone 5 yang kami rasakan juga hadir di smartphone ini. Posisi tombol power dari smartphone ini menurut kami berada terlalu bawah. Hal ini membuat “reflek” jari saat menggunakan smartphone ini adalah menekan tombol “volume down” yang ditempatkan di posisi yang terbilang lebih ideal untuk tombol power. Walaupun begitu, hal ini seharusnya lebih ke masalah kebiasaan saja, dan pengguna seharusnya akan terbiasa dengan posisi ini setelah penggunaan selama beberapa saat.

ASUS ZenFone 5Z 09

Beralih ke notch yang ada di sisi atas layar dari smartphone ini. ASUS tentu saja menempatkan kamera selfie smartphone ini di bagian tersebut, bersama dengan beberapa sensor dan earpiece. Sementara di sisi belakang, ASUS menempatkan kamera utama dengan konfigurasi dual-camera, di area atas kanan sisi belakang. Fingerprint scanner dari smartphone ini juga ditempatkan di sisi belakang ini.

ASUS ZenFone 5Z 01

Bodi dari ZenFone 5Z ini dibangun dari bahan metal, dengan pilihan warna Midnight Blue dan Meteor Silver. Unit yang pinjam untuk review ini adalah yang memiliki warna Midnight Blue. Secara keseluruhan, bodi dari smartphone ini terbilang kokoh, nyaman dipegang walaupun sedikit licin, tetapi desainnya membuatnya mudah terlihat kotor dengan bercak sidik jari bila pengguna tidak menggunakan cover ketika menggunakannya.

Paket Penjualan

ASUS mengirimkan ZenFone 5Z ini beserta dengan kemasan paket penjualan lengkapnya. Boks ini memiliki desain polos, dengan warna gelap, mirip dengan warna bodi smartphone ini, dan berukuran cukup besar, setidaknya lebih tebal dari boks ZenFone 5. Di dalam kemasan paket penjualan itu, selain unit smartphone ZenFone 5Z, terdapat juga perlengkapan pendukung, seperti:

  • Jelly Case
  • Pin/Tray Ejector
  • Headset
  • Charger 5V/2A, 9V/2A
  • Kabel USB to USB Type C
  • Paket Dokumen

Apa yang dihadirkan ASUS di paket penjualan dari ZenFone 5Z ini bisa dikatakan wajar dijumpai untuk smartphone kelas menengah ke atas saat ini. Memang, paket penjualan ini tidak bisa dikatakan sangat lengkap atau mewah, terbilang cukup standar, tetapi sudah mencakup apa yang dibutuhkan secara umum untuk mendukung penggunaannya. Secara singkat, paket penjualan yang disertakan tidaklah mengecewakan untuk smartphone di kelas ini.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…