in: News | December 28, 2018 | by: Friska

Ada 113 Milyar Aplikasi Telah Diunduh di 2018

Bagi para pengguna smartphone, mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa membantu aktivitas mereka sehari-hari tentunya sudah bukan hal yang asing lagi. Dengan semakin banyaknya juga aplikasi yang hadir, baik untuk Android maupun iOS, terdapat begitu banyak alternatif pilihan yang bisa digunakan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna smartphone.

Menurut catatan dari App Annie, dilansir dari Ubergizmo, di tahun 2018 ini saja, telah tercatat ada setidaknya 113 milyar aplikasi yang telah diunduh di smartphone di seluruh dunia. Angka ini meningkat 10 persen dibandingkan dengan tahun 2017 sebelumnya.

Apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan yang pesat ini terhadap tingkat unduh aplikasi pada smartphone? App Annie menjelaskan bahwa hal ini dikarenakan daya tarik aplikasi gaming yang juga semakin marak hadir pada smartphone, atau perangkat mobile lainnya. Terutama di tahun 2018 ini, kehadiran aplikasi gaming yang merupakan bentuk cross-flatform seperti Fornite membuat aplikasi gaming makin diminati, sehingga mengundang para pengguna smartphone untuk mengunduhnya.

Selain tingkat unduh, App Annie juga menyebutkan bahwa tingkat konsumsi pengguna untuk melakukan pembayaran terhadap aplikasi juga turut meningkat hingga 20 persen, dengan tingkat konsumsi mencapai USD 76 milyar secara global. Perlu diingat bahwa tingkat unduh dan konsumsi ini tidak termasuk aplikasi pihak ketiga yang terdapat di app store Tiongkok. Namun jika perhitungan ini juga memasukkan aplikasi pihak ketiga tersebut, maka bisa jadi angka yang berhasil diraih untuk tahun 2018 ini saja akan semakin meninggi.

App Annie juga memprediksi bahwa tingkat konsumsi dan unduh dari aplikasi, terutama aplikasi gaming, akan semakin meningkat di tahun depan.

: ,

COMMENTS