in: Reviews | December 20, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Nokia 6.1 Plus

Kamera

Dengan berbekal kamera ganda resolusi 16 MP + 5 MP, mungkin akan banyak yang berpikiran bahwa resolusi kamera ini tergolong kecil dan cukup standar untuk sebuah smartphone kelas menengah sejenis Nokia 6.1 Plus ini. Namun demikian, resolusi ini sendiri sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk bisa mengambil foto maupun video, terutama jika penggunanya kerap mengunggah hasil gambar yang ditangkap tersebut untuk keperluan media sosial semata.

Sensor kamera pertama dengan spesifikasi 16 MP AF, f2.0/1.0um, sementara kamera kedua dengan 5 MP, BW/FF/f2.4/1.12um, Nokia 6.1 Plus rasanya bisa menjanjikan kualitas gambar dan foto yang tidak kalah menarik untuk sebuah smartphone kelas menengah tersebut. Fitur seperti HDR dan teknologi AI juga sudah disematkan pada smartphone ini, sehingga hasil foto dari kamera Nokia 6.1 Plus ini juga akan terlihat lebih cerah dan memiliki warna yang lebih natural. Agak disayangkan, ketika mengambil foto dalam kondisi pencahayaan kurang terang atau gelap, masih terdapat tingkat noise yang signifikan terdapat pada foto, sehingga membuat hasil fotonya menjadi kurang maksimal.

Sementara untuk kamera depannya, memiliki resolusi 16 MP Fixed Focus dengan bukaan f2.0/1.0um. Resolusi kamera depan ini tergolong cukup besar, namun memang sudah menjadi standar sendiri untuk smartphone kelas menengah saat ini, mengingat beberapa brand lain malah sudah memberikan resolusi jauh lebih besar di kamera depannya demi kepentingan foto selfie yang terbaik. Untuk Nokia 6.1 Plus, hasil foto selfie tergolong baik dan mampu menghasilkan tingkat warna dan kecerahan yang juga tidak kalah dari smartphone lain, terlebih jika memotret dalam kondisi pencahayaan terang. Fitur seperti Beautify dan Bokeh juga turut disematkan pada kamera depannya, namun harus diakui, hasil efek Bokeh pada Nokia 6.1 Plus masih belum cukup halus untuk memberikan depth terbaik, terutama pada bagian rambut si subjek.

Fitur cukup unik yang diperkenalkan oleh Nokia para perangkatnya kali ini adalah fitur Bothie Mode. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video menggunakan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan ini bisa menjadi keunggulan tersendiri yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Tentunya dengan fitur ini, mengambil foto atau merekam video untuk kepentingan vlog akan jadi lebih menarik dan unik. Fitur ini sendiri hanya tersedia pada smartphone Nokia saja untuk sementara waktu.

Baterai

Tes baterai pertama yang kami gunakan untuk menguji daya tahan dari Nokia 6.1 Plus ini adalah dengan aplikasi benchmark PCMark Work Battery Life 2.0. Kami mulai menggunakan aplikasi ini kembali karena dukungan terhadap beberapa jenis smartphone terbaru saat ini sudah ada dan bisa digunakan. PCMark sendiri menguji dengan menjalankan beragam jenis aktivitas multimedia secara terus-menerus hingga baterai mencapai angka 20 persen. Dengan menguji menggunakan aplikasi ini, Nokia 6.1 Plus teruji mampu bertahan hingga 10 jam 18 menit.

Sementara dengan protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Nokia 6.1 Plus dapat bertahan selama 12 jam 51 menit. 

Sementara untuk hasil uji tes pengisian ulang baterainya, Nokia 6.1 Plus membutuhkan waktu 2 jam 1 menit untuk bisa terisi ulang hingga penuh. Perlu diingat bahwa pengisian ulang ini menggunakan kabel dan adapter bawaan dari paket penjualan, dan smartphone diklaim telah memiliki fitur Quick Charge 3.0.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS