in: News | December 7, 2018 | by: Irham

Sambut Kehadiran Mate 20 Series, Huawei Gelar Kelas “EMUI 9.0”

Dalam waktu dekat, Huawei segera meluncurkan produk flagship terbaru mereka di tanah air yaitu Mate 20 Series. Menyambut hadirnya produk flagship mereka tersebut, Huawei menggelar media briefing untuk UI terbaru mereka yang akan diusung pada Mate 20 Series yaitu EMUI 9.0.

EMUI 9.0 hadir dengan basis sistem Android terbaru yaitu Android Pie 9.0. EMUI 9.0 sebelumnya telah diumumkan pada 1 September di Jerman dan 5 September di China. UI terbaru ini diklaim lebih simpel, lebih responsif dan lebih efisien dari generasi sebelumnya.

Mulai dari tampilan di menu Settings yang lebih mudah, dengan jumlah item pengaturan yang lebih sedikit untuk menu yang lebih sering diakses dalam keseharian. Selebihnya pengguna bisa mengakses menu pengaturan Advance, untuk pengaturan lebih lanjut. Secara keseluruhan menu yang ditampilkan berkurang hingga 10%.

Huawei juga membakukan desain dan fitur EMUI untuk memastikan OS memberikan pengalaman yang paling visual dan fungsional secara konsisten. Fitur-fitur yang memiliki sifat serupa, seperti Timer, Jam, dan Kompas telah dirancang ulang mengikuti bahasa desain yang paling terpadu dan intuitif.

Tampilan lain yang diubah seperti bar navigasi di menu galeri, dipindahkan ke bagian bawah layar, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menelusuri antara Foto, Album, Sorotan dan tab Discover dengan ibu jari tangan sambil memegang perangkat.

Fitur terbaru yang dihadirkan di EMUI 9.0 yaitu peningkatan pada desktop mode atau Easy Projection. Fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat mereka dengan layar eksternal dan menjadikan smartphone layaknya PC untuk meningkatkan produktivitas.

Di EMUI 9.0, fitur ini sudah bisa digunakan dengan koneksi nirkabel. Selain itu terdapat fitur baru seperti One Click Projection, Highlight dan Capture on Big Screen, memungkinkan pengguna melakukan highlight dan captur layar pada mode Desktop atau layar besar.

Peningkatan fitur lain yang mendukung produktifitas pengguna yaitu seperti Huawei Share, Backup dan WPS dengan HiAI. Di Huawei Share, selain dapat berkirim file dari smartphone ke PC, kini pengguna dapat mengirimkan file ke printer dengan koneksi bluetooth. Fitur Backup kini ditingkatkan dengan kemampuan backup ke SDCard, USB Drive hingga NAS (Network Attached Storage).

Dari fitur lifestyle, EMUI 9.0 memungkinkan pengguna untuk menggunakan HiVision dan HiTouch untuk mencari daftar belanja mereka di e-commerce. HiVision adalah fitur pencarian e-commerce yang terintegerasi dengan kamera, sedangkan HiTouch adalah fitur pencarian e-commerce dengan gesture dua jari pada layar. Selain itu ada pula fitur seperti Digital Balance, App Limit, dan Wind Down untuk mendukung pola hidup sehat pengguna serta Password Vault untuk sistem keamanan perangkat.

Huawei Mate 20 Series bakal hadir dengan EMUI 9.0 yang sudah pre-installed. Sementara untuk perangkat premium lain akan tersedia via update, yaitu untuk Huawei P20 Pro, Huawei P20, Huwei Mate 10 Pro, dan Huawei Mate 10 di negara terpilih, melalui HOTA update. Mate 20 Series sendiri direncanakan akan meluncur di Indonesia tanggal 19 Desember 2018.

 

 

 

: , ,

COMMENTS