in: News | January 7, 2019 | by: Tim Jagat Review

ISP Terbaru Dari ARM Hadirkan Perekam Video 4K 60fps untuk Drone

ARM selama ini dikenal sebagai perusahaan yang merancang arsitektur CPU yang digunakan pada lebih dari 90% perangkat gadget di seluruh dunia. ARM juga dikenal dengan GPU Mali nya yang digunakan oleh sejumlah SoC di pasaran. Namun tahukah anda ARM juga berkecimpung di teknologi ISP?

Image Signal Processor (ISP) secara sederhana adalah komponen dedikasi yang ada di System on Chip (SoC) untuk mengolah pengambilan foto maupun video. ARM diberitakan merilis ISP terbarunya Mali-C52 dan C32 yang dirilis bukan untuk pasar smartphone melainkan untuk pasar IP camera, drone, dan robotic.

Kedua ISP dari ARM ini menghadirkan fungsi yang nyaris identik dengan sama-sama menghadirkan dukungan kamera hingga 16MP. Keduanya mewarisi dukungan fitur HDR bit depth management. Fitur ini dapat meningkatkan kualitas warna lebih baik dibandingkan HDR biasa dan meningkatkan pencerahan saat kondisi minim cahaya.

ARM menyebutkan terdapat 25 tahap pengolahan saat melakukan pengambilan gambar sedang berlangsung seperti noise reduction, demosaic dan RAW processing agar menghasilkan kualitas gambar terbaik. Berbicara urusan pengambilan video kedua ISP ini juga sudah mendukung pengambilan video dengan resolusi 4K @60FPS.

Perbedaan dua ISP tersebut ada pada dukungan 3D color lookup enhancements yang absen di Mali C32. Kehadiran ISP dari ARM ini akan memberikan peluang bagi produsen SoC untuk menghadirkan dukungan fotografi lebih baik serta rekam video 4K ke produk SoC miliknya yang bisa digunakan bersamaan dengan ARM Cortex CPU dan ARM Mali GPU.

:

COMMENTS