in: News | January 9, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Mobvoi: Tawarkan Pengalaman Terbaik dari Platform Wearable Qualcomm

Sebuah perkenalan di CES 3 tahun lalu berujung pada sebuah kerja sama erat yang menghasilkan berbagai hal positif. Itulah kisah yang disampaikan oleh Qualcomm dan Mobvoi, sebuah perusahaan teknologi terkait AI dari China, di CES 2019. Jagat Review mendapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan perwakilan kedua perusahaan itu terkait wearable, salah satunya tekait produk andalan dari Mobvoi saat ini yang dimotori oleh teknologi dan platform dari Qualcomm.

Pankaj Kedia dari Qualcomm (kiri) dan Yili Lin dari Mobvoi (kanan)

Hadirkan Pengalaman Baru dari Optimasi Teknologi

Berangkat dari mengembangkan teknologi voice assistant di China, sebagai substitusi untuk Google Assistant yang memang tidak bisa digunakan di negara itu, Mobvoi memiliki banyak pengalaman terkait user experience, yang mereka bawa ke bidang lain yang kini mereka geluti, termasuk wearable. Mereka memiliki latar belakang teknologi yang kuat, dan dengan latar belakang itu mereka mencoba untuk menawarkan hal baru yang bisa meningkatkan user experience dengan mengoptimalkan teknologi yang ada. Hal itu sudah mereka lakukan di beberapa produk mereka yang mereka perkenalkan dalam beberapa tahun ini.

Setelah mulai bekerja sama dengan Qualcomm, Mobvoi pun mulai banyak mendalami teknologi yang dimiliki Qualcomm, untuk menawarkan user experience terbaik di produk mereka. Contohnya, smartwatch Ticwatch Pro, dengan Snapdragon Wear 2100, hadir dengan dua mode tampilan, Smart Mode yang menawarkan pengalaman smartwatch yang sesungguhnya, dengan daya tahan baterai hingga 2 hari, serta Essential Mode, yang menawarkan daya tahan baterai hingga 30 hari bila dibutuhkan. Hal tersebut membuat pengguna bisa memilih sendiri penggunaan dengan mode apa yang sesuai untuk kebutuhan mereka.

Mobvoi: Kerja Sama yang Buat Qualcomm “Bersinar”

Apa yang sudah dilakukan Mobvoi itu sendiri mendapatkan apresiasi dari Qualcomm. Mereka menyebutkan upaya optimasi dari Mobvoi telah membuat produk dari Qualcomm “bersinar”, dalam artian Mobvoi benar-benar tahu bagaimana menggunakan apa yang telah disiapkan Qualcomm di produk mereka, seperti Snapdragon Wear 2100, dan memenuhi kebutuhan pengguna dengan kemampuan di wearable kreasi mereka yang dibangun dari teknologi yang sudah disediakan Qualcomm. Selain contoh di atas, Qualcomm juga menyebutkan bahwa Mobvoi juga memanfaatkan DSP yang ada di dalam SoC wearable mereka dengan baik, untuk berbagai fungsi tracking yang ditawarkan. Menariknya, itu berujung pada kemampuan pencatatan aktivitas yang menarik, yang bisa membedakan aktivitas pengguna secara otomatis.

 

Luncurkan 2 Smartwatch Baru

Kini, di CES 2019, kerja sama Mobvoi dan Qualcomm kembali ditegaskan dengan hadirnya dua smartwatch baru dari Mobvoi, yang diperkuat dengan SoC dari Qualcomm, kali ini untuk segmen smartwatch dengan harga terjangkau. Terdapat dua buah produk baru yang diperkenalkan, yaitu Ticwatch E2 dan Ticwatch S2. Keduanya menggunakan SoC Snapdragon Wear 2100.

Ticwatch S2 (kiri) dan TIcwatch E2 (kanan)

Ticwatch E2 lebih ditujukan untuk yang mencari smartwatch entry-level dengan kemampuan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, Sementara Ticwatch S2 ditujukan untuk yang banyak beraktivitas, terutama olahraga. Keduanya hadir dengan layar 1.39″, dengan Wear OS, dan dibekali kemampuan waterproof hingga 5 atm. Tersedia juga sensor heart rate, GPS, serta baterai yang lebih mumpuni di kedua smartwatch baru itu. Mobvoi mengklaim keduanya bisa bertahan hingga penggunaan selama 2 hari.

Beragam Pengalaman Baru di Produk yang Akan Datang

Selain 2 smartwatch baru itu, Mobvoi juga sempat menunjukkan sebuah headset baru, TicPouch, yang juga dibangun dengan basis teknologi dari Qualcomm, serta suntikan spesialisasi mereka di bidang AI, untuk voice assistant. Namun, Mobvoi sudah menyatakan, dua smartwatch baru dan headset baru ini tidak cukup membuat mereka puas. Mereka langsung mencurahkan perhatian ke pengembangan produk baru, untuk segmen yang cukup berbeda.

Produk itu mereka sebutkan adalah sebuah smartwatch untuk anak-anak, yang tentunya hadir dengan tuntutan pemenuhan kebutuhan yang berbeda dari smartwatch pada umumnya. Qualcomm sendiri menyebutkan ada 4 hal utama di smartwatch khusus untuk anak-anak, yaitu komunikasi (dengan orang tua atau guru), geofencing (untuk memastikan anak selalu ada di tempat yang seharusnya di waktu tertentu), media untuk belajar, serta hiburan ringan untuk anak-anak. Hal-hal itu juga akan diperhatikan oleh Mobvoi sebagai pedoman dalam mengembangkan produk mereka berikutnya itu.

: , , ,

COMMENTS