in: Reviews | January 28, 2019 | by: Friska

Review Smartphone Android: Vivo Y91

Kamera

Dengan dibarengi fitur dual AI camera dengan resolusi 13 MP + 2 MP, Vivo Y91 mulai terlihat seperti sebuah smartphone kelas menengah bawah alih-alih smartphone kelas entry. Hasil dan kualitas foto yang diambil dengan kamera belakang juga tidak bisa dibilang buruk, dengan pengguna bisa bermain-main dengan efek bokeh yang masih jarang ada di smartphone kelas entry masa kini. Menariknya, pengguna juga bisa mengatur kembali aperture dari efek bokeh tersebut setelah foto diambil untuk hasil maksimal sesuai dengan keinginan si penggunanya. Namun harus diakui bahwa hasil dan kualitas foto yang didapatkan juga tidak bisa dibilang sangat bagus mendekati kualitas smartphone kelas menengah atas. Hasil foto masih cenderung rata-rata, dan terkadang masih kurang maksimal terlebih dengan tingkat noise yang masih terlihat, terutama dalam kondisi pencahayaan kurang terang.

Hal yang sama juga terjadi pada kamera selfie, yang memiliki resolusi 8 MP. Kamera selfie telah dilengkapi dengan fitur Beauty dan teknologi AI yang dapat memberikan kualitas foto selfie yang pastinya lebih maksimal, hanya saja kualitas foto secara keseluruhan memang masih cukup standar dan di bawah rata-rata. Foto akan kurang terlihat baik ketika dalam keadaan backlight, walau masih terlihat lumayan dalam kondisi pencahayaan cukup terang dan natural, tidak kelewat gelap. Hasil foto selfie yang diambil menggunakan Vivo Y91 masih lebih dari cukup untuk sekedar diunggah ke media sosial.

Baterai

Tes baterai pertama yang kami gunakan untuk menguji daya tahan dari Vivo Y91 ini adalah dengan aplikasi benchmark PCMark Work Battery Life 2.0. Kami mulai menggunakan aplikasi ini kembali karena dukungan terhadap beberapa jenis smartphone terbaru saat ini sudah ada dan bisa digunakan. PCMark sendiri menguji dengan menjalankan beragam jenis aktivitas multimedia secara terus-menerus hingga baterai mencapai angka 20 persen. Dengan menguji menggunakan aplikasi ini, Vivo Y91 teruji mampu bertahan hingga 15 jam 52 menit. Secara mengejutkan, angka ini tergolong sebagai angka yang cukup tinggi dibandingkan dengan smartphone kelas entry sekelasnya saat ini.

Sementara untuk hasil uji tes pengisian ulang baterainya, Vivo Y91 membutuhkan waktu 3 jam 53 menit untuk bisa terisi ulang hingga penuh, waktu yang tergolong sangat lama untuk bisa mengisi baterai sebesar 4030mAh hingga penuh kembali. Perlu diingat bahwa pengisian ulang ini menggunakan kabel dan adapter bawaan dari paket penjualan yang hanya memiliki besar daya 5V/1A, sehingga ada kemungkinan jika menggunakan adapter yang memiliki daya lebih besar seperti misalnya 5V/2A, pengisian ulang bisa jadi akan sedikit lebih cepat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS