in: News | January 28, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Akan Kurangi Plastik dari Kemasan Produk Mereka

Salah satu raksasa elektronik dari Korea Selatan, Samsung, menyebutkan bahwa mereka akan membuat kemasan produk mereka menjadi lebih ramah lingkungan. Salah satu hal yang akan mereka lakukan adalah mengganti bahan-bahan yang dirasa kurang ramah lingkungan. Langkah itu akan mulai diberlakukan di paruh awal tahun 2019 ini.

Ganti Plastik dengan Bahan Lain

Bahan yang dirasa kurang ramah lingkungan yang masih banyak digunakan di kemasan produk Samsung adalah plastik. Mereka akan mengganti plastik dengan bahan yang lebih ramah lingkungan, bisa berupa bahan daur ulang, baik dalam bentuk bioplastic atau kertas. Bahan-bahan tersebut memang lebih ramah lingkungan dan tidak mudah menjadi limbah yang mencemari lingkungan.

Samsung menyebutkan bahwa bagian dari kemasan smartphone mereka yang masih banyak menggunakan plastik adalah tray smartphone di dalam kemasan boks. Bagian itu disebut akan diganti dengan tray yang dibuat dari bahan kertas khusus yang ramah lingkungan. Ada juga pengurangan bahan plastik di charger smartphone, sehingga charger bawaan smartphone mereka tidak akan lagi terlihat seperti yang ada saat ini, tetapi terlihat lebih “matte“. Sementara untuk plastik pembungkus boks, Samsung akan menggantinya dengan plastik daur ulang atau bioplastic.

Bukan Cuma untuk Smartphone

Selain di smartphone, kebijakan ini juga diberlakukan Samsung untuk jajaran perangkat elektronik mereka lain, termasuk home appliances mereka. Salah satu bentuknya adalah dengan mengganti plastik yang digunakan untuk membungkus perangkat-perangkat itu dengan bioplastik. Langkah Samsung ini merupakan bagian dari kebijakan perusahaan, di mana hingga tahun 2030 mereka berencana untuk memakai setidaknya 500 juta ton bahan daur-ulang, kumulasi dari tahun 2009, dan membuat barang mereka secara keseluruhan akan menjadi lebih ramah lingkungan.

:

COMMENTS