in: News | January 29, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Beli Pengembang Optical Zoom untuk Kamera Smartphone?

Corephotonics, perusahaan yang mengembangkan sistem optical zoom untuk kamera smartphone, disebut akan segera diakuisisi oleh Samsung. Berdasarkan kabar yang beredar di Internet, Samsung menyiapkan dana hingga sekitar USD 155 juta untuk akuisisi tersebut. Bila kabar ini benar, Samsung akan punya senjata menarik untuk meningkatkan lagi kemampuan kamera smartphone mereka yang sejauh ini sudah diakui sebagai salah satu yang terbaik.

Akuisisi Pengembang Kamera Unik Oppo

Nama Corephotonics mungkin memang belum terlalu dikenal luas. Namun, perusahaan tersebut punya hal menarik yang tampaknya mendorong Samsung untuk berusaha mengakuisisinya, bila kabar yang beredar ini benar. Hal menarik tersebut adalah sistem optical zoom 5x di smartphone dengan memanfaatkan prisma, yang pernah ditampilkan di MWC 2017 lalu oleh Oppo. Ya, Corephotonics ini adalah perusahaan di balik layar kamera “periscope” tersebut.

Perusahaan dari Israel ini juga disebut terlibat dalam proyek Oppo yang lain, yang disebut akan ditampilkan di MWC 2019, yaitu sistem optical zoom 10x di kamera sebuah smartphone. Selain itu, Corephotonics juga disebut mengembangkan sistem triple-camera untuk zoom, yang disebut bisa menghasilkan zoom hingga 25x. Tidak heran bila Samsung tertarik untuk mendapatkan apa yang dikembangkan perusahaan itu selama ini untuk memperkuat kamera mereka.

Kepastian Dalam Waktu Dekat?

Sejauh ini, memang belum ada konfirmasi dari Samsung maupun Corephotonics terkait kabar akuisisi ini. Namun, berdasarkan informasi yang ada, proses akuisisi ini, bila benar akan dilakukan, akan dipastikan dalam waktu dekat ini. Walaupun begitu, teknologi dari Corephotonics ini tentunya akan butuh waktu untuk hadir di produk smartphone Samsung bila akuisisi ini benar-benar terjadi. Kita tidak akan bisa melihat teknologi itu digunakan di smartphone Samsung yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

:

COMMENTS