in: News | January 23, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Siapkan Sensor Kamera 20 MP Spesial untuk “Notch”

Sebuah sensor kamera baru, untuk penggunaan di smartphone, baru saja diumumkan oleh Samsung. Raksasa elektronik dari Korea Selatan itu mengumumkan ISOCELL Slim 3T2, nama dari sensor baru tersebut, sebagai sensor 20 MP dengan ukuran yang sangat ringkas. Bahkan, mereka menyebut sensor baru tersebut sebagai sensor kamera resolusi tinggi yang paling ringkas yang ada saat ini!

Resolusi 20 MP di Sensor 1/3.4″

Samsung menyebutkan bahwa mereka menggunakan ukuran piksel 0.8μm untuk ISOCELL Slim 3T2, yang membuatnya bisa menawarkan resolusi hingga 20 MP di sebuah sensor dengan diagonal hanya sekitar 5.1 mm saja. Sensor ini juga dibekali teknologi ISOCELL Plus, yang disebut Samsung bisa menawarkan reproduksi warna yang akurat di foto yang dihasilkan, dengan menangkap lebih banyak informasi cahaya yang masuk ke dalam sensor. Hal ini disebut penting, karena bisa meningkatkan kualitas hasil foto dari sebuah sensor dengan ukuran piksel sub-micrometer.

ISOCELL Slim 3T2 ini juga hadir dengan fitur Tetracell, yang memungkinkan sensor digunakan untuk mengambil foto dengan kualitas yang tetap baik dalam kondisi gelap, dengan mengkombinasikan empat piksel di sensor menjadi satu piksel efektif. Hal ini membuat sensor akan beroperasi “sebagai” sensor 5 MP dengan ukuran piksel 1.6μm. Samsung menyebutkan bahwa fitur ini akan membantu untuk penggunaan sensor ini di kamera selfie.

Bantu Hasilkan Smartphone Ringkas

Sensor ISOCELL Slim 3T2 ini disebut Samsung cocok untuk desain smartphone masa kini. Ukuran yang ringkas membuatnya cocok digunakan untuk kamera yang diposisikan di notch, yang memang banyak dipakai di smartphone masa kini, atau di desain hole-in, yang akan banyak digunakan smartphone yang akan segera datang. Selain itu, ketika digunakan sebagai kamera utama, ukuran sensor ini membuatnya cocok untuk digunakan di smartphone yang ramping.

Berdasarkan informasi dari Samsung, sensor baru ini akan mulai diproduksi di awal tahun 2019 ini. Sensor ini sendiri memang bukan ditujukan sebagai sensor kamera untuk smartphone premium, tetapi lebih ke untuk smartphone kelas menengah, yang tetap ingin menghadirkan kualitas hasil foto yang terbilang baik. Bisa jadi, sensor ini akan banyak digunakan sendiri juga oleh Samsung di lini smartphone kelas menengah terbaru, untuk tahun 2019 ini.

:

COMMENTS