in: News | February 4, 2019 | by: Friska

Aplikasi Beauty Camera Mengandung Malware Ditarik dari Google Play

Harus diakui bahwa tren kamera Beauty saat ini sudah semakin menjamur dan bervariasi. Selain mempercantik hasil foto selfie, aplikasi kamera Beauty ini juga banyak yang memiliki fitur menarik lainnya, sehingga tidak heran banyak para pengguna smartphone pun menggunakan aplikasi tersebut. Namun demikian, tidak semua aplikasi kamera ini aman untuk diinstal dan digunakan.

Berdasarkan laporan dari Trend Micro, setidaknya ada 29 aplikasi Beauty Camera yang ditarik peredarannya di Google Play Store akibat mengandung malware dan phising. Sebagai contoh yang terjadi pada beberapa aplikasi Beauty Camera tersebut mampu memberikan iklan secara fullscreen di layar smartphone penggunanya, tidak jarang juga yang mengarahkan pengguna untuk melakukan klik terhadap iklan yang nantinya malah diarahkan ke video porno.

Yang lebih berbahaya, beberapa aplikasi ini juga mampu mengambil data dan identitas para penggunanya. Aplikasi akan mengambil foto pengguna ketika digunakan yang kemungkinan besar bisa digunakan oleh di developer tidak bertanggung jawab untuk dipakai di media sosial palsu pada nantinya. Lebih menyebalkannya, aplikasi ini sengaja menyembunyikan opsi uninstall aplikasi mereka di smartphone sehingga akan merepotkan pengguna yang sudah menjadi korban malware tersebut. Setidaknya, Google sudah menarik seluruh aplikasi Beauty Camera palsu tersebut untuk saat ini. Trend Micro sendiri pun menyarankan agar para pengguna lebih waspada ketika menginstalasi aplikasi baru di smartphone mereka, cek terlebih dahulu riwayat aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi.

: , ,

COMMENTS