in: News | February 26, 2019 | by: Yufianto Gunawan

MicroSD Kencang Terbaru Akhirnya Diumumkan!

SD Association, organisasi yang mengatur standar untuk SD Card dan MicroSD, baru saja mengumumkan suatu standar baru. Standar ini disebut sebagai MicroSD Express, dan akan menjadi standar untuk MicroSD kencang generasi berikutnya. Menariknya, standar baru ini akan menghadirkan kecepatan yang sangat tinggi, hampir mencapai 1 GB/s, di sebuah MicroSD!

Gunakan PCIe dan NVMe

MicroSD Express ini mengusung interface PCIe dengan standar NVMe. Kedua hal tersebut mengindikasikan bahwa MicroSD Express akan menghadirkan kecepatan yang sangat tinggi. Berdasarkan penjelasan awal terkait MicroSD Express ini, kecepatan yang bisa dicapai adalah 985 MB/s. Suatu kecepatan yang sangat tinggi mengingat ukuran perangkat MicroSD yang sangat kecil.

Kecepatan hingga 985 MB/s ini membuat MicroSD Express cocok untuk mendukung kemampuan kamera smartphone yang makin tinggi saat ini. Skenario seperti perekaman video 8K, pengambilan foto burst, serta video super slow-motion dengan smartphone disebut dapat dengan mudah ditangani oleh MicroSD Express ini. Menariknya, memory card dengan standar baru ini masih menawarkan backward compatibility, sehingga masih bisa digunakan di slot MicroSD lama.

“Removable SSD”: Kecepatan Lebih Tinggi, Konsumsi Daya Lebih Rendah

Kecepatan tinggi yang ditawarkan oleh MicroSD Express ini membuat SD Association menyebut memory card ini sebagai “Removable SSD”. Selain kecepatan yang lebih tinggi, menariknya, MicroSD Express ini juga hadir dengan konsumsi daya lebih rendah. Hal ini bukan disebabkan dari penggunaan daya yang lebih rendah, tetapi karena transfer file dapat diselesaikan lebih cepat, sehingga waktu “kerja” yang membutuhkan daya tinggi dapat dipangkas, membuat konsumsi daya keseluruhan untuk transfer data ukuran sama menjadi lebih rendah.

:

COMMENTS