in: Reviews | February 8, 2019 | by: Irham

Review Huawei Y7 Pro 2019: Desain Cantik, Kamera & Baterai Daya Tarik

Spesifikasi

Setelah membahas desain dari Huawei Y7 Pro 2019 ini, mari kita beralih membahas spesifikasi dari smartphone ini. SoC yang digunakan sebagai dapur pacu smartphone ini adalah Snapdragon 450 dari Qualcomm. Snapdragon 450 memang bukan SoC yang bisa dikatakan baru, tetapi seharusnya cukup modern dan memiliki kemampuan yang terbilang baik untuk digunakan di smartphone di kisaran harga di bawah Rp 2 juta. CPU di SoC ini menggunakan 8x Cortex A53 1.8 GHz, dengan GPU Adreno 506, DSP Hexagon 546, serta fabrikasi 14 nm.

Untuk kapasitas RAM dan storage internal, terdapat dua varian untuk Huawei Y7 Pro 2019 ini, yaitu 3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB. Varian yang datang untuk pengujian kali ini adalah 3 GB/32 GB. Bila kapasitas storage internal yang ditawarkan dirasakan kurang, tersedia opsi perluasan kapasitas dengan menggunakan Micro SD. Smartphone ini mendukung Micro SD hingga 512 GB. Perangkat ini dibekali dengan tray dual SIMCard yang terpasang hybrid dengan MicroSD.  

Beralih ke layar, layar 6.26″ di smartphone ini menawarkan resolusi HD+, yaitu 1520 x 720 piksel. Resolusi yang tidak terlalu tinggi ini memang masih wajar digunakan oleh smartphone di bawah Rp 2 juta, dan mengusung keunggulan tersendiri ketika dikombinasikan dengan SoC kelas menengah-bawah seperti Snapdragon 450. Salah satu bentuk keunggulan itu ada di game, karena resolusi tersebut tidak akan memberikan beban setinggi resolusi Full HD, yang seharusnya membuat smartphone bisa memberikan framerate yang lebih tinggi, atau lebih stabil, dibandingkan ketika menggunakan resolusi Full HD/Full HD+. Panel yang digunakan oleh layar smartphone ini adalah panel IPS.

Baterai yang digunakan Huawei di Y7 Pro 2019 ini memiliki rating kapasitas 4000 mAh. Kapasitas sebesar ini, dikombinasikan dengan SoC yang terbilang cukup hemat daya, termasuk Snapdragon 450, seharusnya akan menghasilkan daya tahan baterai yang tinggi di smartphone. Hal ini akan kami buktikan melalui pengujian baterai yang akan kami tampilkan hasilnya di bagian lain artikel ini.

Kamera utama di smartphone ini, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, hadir dalam konfigurasi dual-camera dengan sensor 13 MP + 2 MP. Sensor 13 MP yang digunakan merupakan sensor utama dari sistem dual-camera ini, dan hadir dengan lensa f/1.8. Sementara sensor 2 MP merupakan depth sensor yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lebih, seperti untuk foto portait mode/bokeh.

Untuk kamera selfie, smartphone ini hadir dengan sensor 16 MP. Huawei menyebutkan bahwa lensa yang digunakan memiliki bukaan f/2.0. Menariknya, Huawei menghadirkan dukungan face unlock untuk kamera selfie di Y7 Pro 2019 ini. Baik kamera selfie maupun kamera utama smartphone ini dibekali dengan fitur AI.

Sebagai opsi konektivitas, 4G LTE tentunya sudah didukung smartphone ini. Selain itu, Huawei menyediakan WiFi 2.4 GHz dan Bluetooth 4.2. Sementara untuk sensor, terdapat accelerometer dan proximity sensor untuk mendukung penggunaannya. Sayangnya perangkat ini tidak dibekali dengan sensor Gyroscope. Demikian pula untuk keamanan, hanya tersedia fitur face unlocked tanpa adanya sensor fingerprint.

Huawei menggunakan UI andalan mereka, EMUI, untuk Y7 Pro 2019 ini. Versi EMUI yang digunakan adalah EMUI 8.2, dengan Android 8.1 “Oreo”.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | November 22, 2018 | Comments

Pre Order Dimulai, Oppo A7 Dibanderol Harga Rp 3 Jutaan

News | January 9, 2019 | Comments

Mobvoi: Tawarkan Pengalaman Terbaik dari Platform Wearable Qualcomm

News | January 23, 2019 | Comments

Gambar Paten Motorola RAZR Edisi Baru Terkuak

News | December 5, 2018 | Comments

Membahas 5G dengan Qualcomm